UNTUK INDONESIA
Wali Kota Cirebon Minta RT/RW Pantau Warga Sakit
Ketua RW dan RT yang ada di Kota Cirebon juga dilibatkan untuk menjadi pemantau dan pemerhati
Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis. (Foto: Tagar/Charles).

Cirebon - Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis, meminta kepada camat dan lurah di Kota Cirebon untuk menyosialisaskan gerakan hidup sehat. Dengan hidup sehat, tingkat kekebalan meningkat dan berbagai virus, termasuk COVID-19 atau corona tidak akan masuk ke dalam tubuh.

Hal ini disampaikan Azis, usai memimpin Rapat Koordinasi Terkait Antisipasi Penyebaran Virus Corona di Kota Cirebon, yang berlangsung di ruang Adipura, Balaikota Cirebon, Kamis, 5 Maret 2020. "Pemerintah Daerah Kota Cirebon galakkan gerakan hidup sehat. Dengan hidup sehat, tingkat kekebalan meningkat dan berbagai virus, termasuk COVID-19 atau virus corona tidak akan masuk ke dalam tubuh," kata Azis.

Pada saat itu juga Azis langsung memerintahkan agar sosialisasi pola hidup sehat dengan berolahraga, makan makanan yang bergizi dilengkapi dengan sayuran dan buah harus diintensifkan.

Berbagai spanduk diminta dibuat dan dipasang di berbagai sudut kota agar bisa dibaca dan dimengerti oleh masyarakat. Untuk konsep sosialisasi, Azis menyerahkan kepada Dinas Kesehatan. Sedangkan camat dan lurah diminta untuk turut menyosialisaskan kepada masyarakat yang ada di lingkungan mereka

Tak hanya camat dan lurah, Azis juga meminta ketua RW dan RT yang ada di Kota Cirebon juga dilibatkan untuk menjadi pemantau dan pemerhati. Mereka bertugas untuk memantau dan memerhatikan jika ada warga, baik warga setempat maupun warga pendatang, yang mengalami sakit mirip gejala terpapar virus corona.

"Saya perintahkan agar para RT dan RW dilibatkan, pantau warganya jika ada yang sakit mirip gejala corona segera laporkan ke puskesmas atau petugas kesehatan terdekat,"kata Azis.

Azis mengimbau kepada warga Kota Cirebon, agar tidak panik menghadapi isu penyebaran virus COVID-19. Azis juga meminta kepada masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan. "Minum jamu, seperti temulawak. Dengan pola hidup sehat, semua virus tidak akan bisa masuk ke dalam tubuh," tandas Azis. []

Berita terkait
Cara PT KAI Daop 3 Cirebon Cegah COVID-19
PT KAI Daop 3 Cirebon menyediakan hand sanitizer yang ditempatkan di beberapa titik sebagai salah satu upaya cegah virus corona
0
Pulang dari Zona Merah, 1 Warga Samosir ODP Covid-19
Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Samosir, menetapkan seorang wanita sebagai ODP.