UNTUK INDONESIA
Wakil Wali Kota Bandung Dukung Wartawan Tingkatkan Kapasitas
Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengimbau agar para wartawan dan humas terus meningkatkan kapasitas dan profesionalismenya.
Wakil Wali Kota Bandung usai pertemuan Forum Wartawan Bandung Juara (FWBJ) di Hotel Grand Tebu, Kamis 22 Oktober 2020. (Foto:Tagar/dok.Humas Setda Kota Bandung)

Jakarta - Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengimbau agar para wartawan dan humas terus meningkatkan kapasitas dan profesionalismenya. Pasalnya, seiring perkembangan zaman tuntutan terhadap informasi yang akurat semakin besar.

Hal itu ia ungkapkan saat membuka pelatihan jurnalistik dan sertifikasi jurnalis Bandung yang digelar oleh Forum Wartawan Bandung Juara (FWBJ) di Hotel Grand Tebu, Kamis 22 Oktober 2020.

“Tantangan profesi wartawan dan humas semakin hari semakin meningkat, seiring dengan perkembangan teknologi. Suka atau tidak suka kita harus mengikuti dan lebih berkembang di dunia era digital,” ucap Yana.

Menurutnya, perlu ada upaya dari pihak terkait untuk mengedukasi agar lebih meningkatkan pemahaman di bidang jurnalistik. Termasuk juga yang berkaitan dengan kode etik jurnalistik.

Oleh karenanya, Yana mengapresiasi dan menyambut baik pelatihan tersebut.

Untuk mengukur kemampuan itu, perlu adanya sertifikasi agar profesi itu bisa dipertanggungjawabkan

“Untuk mengukur kemampuan itu, perlu adanya sertifikasi agar profesi itu bisa dipertanggungjawabkan,” terangnya.

“Siapapun itu dapat memberikan informasi yang baik dan benar terutama teman-teman humas di sekolah-sekolah dapat memberikan informasi kepada siswa siswinya yang sudah terfilter sehingga informasi yang di dapat bukan berita tidak baik atau hoaks,” imbuhnya.

Sedangkan Ketua DPRD Kota Bandung, Teddy mengajak kepada seluruh peserta untuk bisa mencerna setiap informasi atau berita didapat. Hal itu untuk menghindari berita hoaks.

“Harus meneliti dan menelaah. Harus meningkatkan literasi kita agar kita dapat lebih baik lagi pemahaman mengenai jurnalistik dan kehumasan,” kata teddy.

Menurutnya, kinerja humas merupakan hal penting bagi peningkatan performa dari sebuah pemerintahan.

“Bukan konteks dalam pencitraan tetapi masyarakat harus tahu hal-hal nyata yang terjadi pada pembangunan Kota Bandung,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua FWBJ, Asep Robin mengungkapkan, pelatihaan ini diikuti sebanyak 100 peserta terdiri dari berbagai Instansi dan lembaga di Kota Bandung.

“Pesertanya para jurnalis, beberapa dinas serta humas SMP Negeri Se- Kota Bandung. Pelatihan dilaksanakan untuk meningkatkan SDM baik itu jurnalis ataupun kehumasan yang ada di sekolah-sekolah,” jelasnya.

Ia berharap FWBJ dapat menciptakan iklim kondusif di Kota Bandung, terlebih FWBJ dibentuk berdasarkan surat Keputusan Wali Kota Bandung Nomor 217 Tahun 2014.

“Berbagai kegiatan sudah kita lakukan seperti pelatihan, pendidikan, sosial dan lainnya. Supaya memberikan persamaan persepsi dan cara pandang dalam menyampaikan publikasi kepada masyarakat sesuai kode etik jurnalistik,” tuturnya. [] 

Baca juga:

Berita terkait
Pemkot Bandung Dukung Program Geber Masjid
Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mendukung program Gerakan Beberes Masjid (Geber Masjid). Gerakan ini diinisiasi oleh Laziz Darul Hikam.
Wali Kota Bandung Harap Gagasan Dari Appetra
Walikota Bandung, Oded M. Danial berharap Asosiasi Pedangan Pasar Tradisional (Appetra) bisa memberikan ide dan gagasan kepada Pemkot Bandung.
Pemkot Bandung Dapat Tawaran Kerjasama dari Jerman
Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berpeluang memperoleh bantuan kerja sama dari Pemerintah Jerman di bidang infrastruktur.
0
Wakil Wali Kota Bandung Dukung Wartawan Tingkatkan Kapasitas
Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengimbau agar para wartawan dan humas terus meningkatkan kapasitas dan profesionalismenya.