Wah, Ada Barongsai dan Liong di Candi Borobudur

Candi Borobudur memiliki cara yang berbeda dalam memeriahkan perayaan Tahun Baru Imlek, berikut ulasan kemeriahannya.
Pertunjukan atraksi barongsai dan liong menghibur para pengunjung Candi Borobudur selama libur hari raya Imlek. (Foto: Tagar/Solikhah Ambar Pratiwi)

Magelang - Sambut perayaan Imlek 2020, Candi Borobudur menyuguhkan pertunjukan atraksi barongsai dan liong. Pemandangan ini akan memeriahkan momen spesial tahun baru China tersebut.

"Atraksi ini akan menghibur pengunjung selama dua hari, yakni Sabtu (25 Januari 2020) dan Minggu (26 Januari 2020)," kata General Manager Taman Wisata Candi Borobudur, I Gusti Putu Ngurah Sedana, Sabtu, 25 Januari 2020.

Putu menyebutkan atraksi barongsai sudah dapat disaksikan sejak pengunjung berada di pintu masuk loket. Di sana, serombongan pemain barongsai telah disiapkan dan memainkan atraksi khas Imlek tersebut.

Bukan hanya itu saja, pertunjukan serupa juga bisa dinikmati pengunjung di Plaza Borobudur dan kawasan Taman Lumbini.

Khusus tahun 2020, pengelola TWC Borobudur bekerjasama dengan Yon Armed 11/Guntur Geni Magelang yang memiliki grup atraksi barongsai dan liong.

Dengan adanya atraksi ini, kami harapkan bisa membantu menambah jumlah kunjungan wisatawan.

Putu mengatakan pertunjukan atraksi sengaja diletakkan di beberapa titik bukan tanpa alasan. Di depan loket penjualan tiket misalnya, bertujuan untuk mengurangi penumpukan pengunjung yang akan membeli tiket.

"Kemudian yang di Plaza Borobudur, dimaksudkan untuk menyambut pengunjung yang telah memasuki kawasan Taman Wisata Candi Borobudur," ujar Putu.

ImlekPertunjukan atraksi barongsai dan liong menghibur para pengunjung Candi Borobudur selama libur hari raya Imlek. (Foto: Tagar/Solikhah Ambar)

Adapun pertunjukan utama barongsai dan liong berlangsung di kawasan Taman Lumbini. Area tersebut berada tepat di bawah zona utama Candi Borobudur.

Menurut Putu, momen liburan seperti saat ini, khususnya long weekend, biasanya pengunjung akan ramai. Berbeda dengan hari biasanya.

"Dengan adanya atraksi ini, kami harapkan bisa membantu menambah jumlah kunjungan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara," kata dia.

Dia mengimbau para pengunjung tetap selalu waspada dan berhati-hati karena padatnya kunjungan di tempat wisata itu. 

Sementara, salah satu pengunjung, Deni dari Malang mengaku menikmati pertunjukan atraksi yang ditampilkan di sana. Apalagi, pemainnya bukan orang biasa, tapi dari anggota TNI.

"Selain pertunjukannya bagus, pemainnya juga dari anggota TNI jadi lebih mantap lagi gerakannya. Ini cukup menghibur. Kami senang sekali melihat sampai akhir,” ujar Deni. (Solikhah Ambar Pratiwi)

Baca juga:

Berita terkait
Keceriaan Anak Tionghoa, Perayaan Imlek di Makassar
Perayaan Imlek tentu menjadi kebahagiaan khususnya bagi anak-anak Tionghoa. Karena di hari raya Imlek mereka akan mendapatkan angpao dari keluarga
Berkat Gus Dur Barongsai dan Naga Turun ke Jalan
Perayaan imlek dan barangsai tidak akan pernah ada tanpa Gus Dur, presiden keempat itu mencabut Inpres 14/1967 yang larang perayaan Tionghoa
Melihat Kesibukan Warga Makassar Rayakan Imlek
Warga Makassar turut memeriahkan perayaan Imlek. Persiapan Imlek pun sudah dilakukan jauh hari.
0
Tips Mencegah Keriput Pada Usia Muda
Semakin cepat mencegah keriput pada kulit wajah semakin baik hasil yang Anda dapatkan sebab keriput yang dibiarkan membuat tampilan tampak tua.