Indonesia
Wacana Kepala Sekolah SMA Bakal Dirolling
Kepala sekolah setingkat SMA/SMK di lingkungan pemerintah provinsi bakal dirolling atau diputar.
Presiden Joko Widodo bersama para Ketua OSIS dari sekolah-sekolah SMA berprestasi dari seluruh Indonesia di halaman belakang Istana Kepresidenan Bogor, Kamis pagi 3/5/2018. (Foto: Biro Pers Setpres)

Jakarta - Kepala sekolah setingkat SMA/SMK di lingkungan pemerintah provinsi bakal dirolling atau diputar. Wacana di Provinsi Kepri itu muncul dari Dinas Pendidikan (Disdik) setempat.

Kepala Disdik Provinsi Kepri, Muhammad Dali, menyebutkan upaya itu dilakukan agar tiap kepala sekolah mengerti persoalan yang kerap muncul di SMA/SMK.

"Kita akan coba terapkan mulai tahun ajaran baru mendatang," kata Dali, dikutip Antara, Rabu 12 Juni 2019.

Baca juga: Dua Anak SMA Ini UNBK di Bawah Pengawalan Ketat Petugas Penjara

Secara teknis, lanjut Dali, nantinya kepala sekolah yang awalnya memimpin sekolah dengan jumlah siswa yang banyak, akan coba tempatkan di sekolah yang jumlah siswanya sedikit.

"Supaya masing-masing kepala sekolah dapat belajar menghadapi sekaligus memecahkan persoalan di sekolah, karena persoalan yang terjadi akan berbeda-beda," imbuhnya.

Dali menambahkan, pertukaran kepala sekolah ini diharapkan dapat meningkatkan pemerataan dan mutu pendidikan yang ada di wilayah Kepri.

Untuk permulaan ini, kata Dali, pihaknya coba menerapkan untuk sekolah yang ada di Kota Tanjungpinang, Kota Batam, Kabupaten Bintan dahulu.

"Nanti jika ini berjalan baik akan kita terapkan menyeluruh di tujuh kabupaten/kota dan dilaksanakan rutin," ujar Dali.

Baca juga: Video: Pelajar SMA Labuhanbatu Tewas Diamuk Massa

Berita terkait
0
Gubernur Sulsel Jelaskan Pemicu Mahasiswa Papua Bentrok
Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah akhirnya angkat bicara terkait pemicu bentrokan mahasiswa Papua.