UNTUK INDONESIA
Virus Corona Menyebar, Riau Siagakan Thermal Scanner
Dinkes Kepri siagakan alat pendeteksi suhu tubuh atau thermal scanner di seluruh pelabuhan laut dan udara untuk cegah penyebaran virus corona.
Ada enam coronavirus yang diketahui menginfeksi orang sebelum penemuan terbaru. (Foto: BBC News).

Jakarta - Meningkatnya jumlah penyebaran virus corona di kawasan Asia Tenggara seperti Thailand, membuat Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) siaga dengan mengaktifkan alat pendeteksi suhu tubuh atau thermal scanner di seluruh pelabuhan laut dan udara di wilayah tersebut.

"Thermal scanner di semua pelabuhan diaktifkan. Itu sudah kami lakukan sejak sepekan lalu," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kepri, Tjetjep Yudiana, di Batam, Sabtu, 18 Januari 2020 lalu, diberitakan Antara.

Tjetjep mengatakan, Dinkes Kepri juga sudah menghubungi seluruh Dinkes Kabupaten Kota dan memberikan peringatan agar waspada masuknya virus berbahaya itu. Menurut dia, thermal scanner merupakan alat pendeteksi dini yang pas, untuk menyaring pasien pengidap penyakit tertentu.

"Ini penting sekali di Kepri, karena Kepri adalah wilayah perbatasan, paling dekat dengan Singapura," kata dia.

Bila seseorang kedapatan memiliki suhu tubuh yang tinggi, maka petugas kesehatan di pelabuhan akan langsung melakukan observasi.

"Kalau hasik observasi mengarah ke situ maka akan diisolasi," kata Tjetjep

Sejumlah rumah sakit di Kota Batam, Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Karimun sudah menyiapkan ruang isolasi. Tjetjep menjelaskan, gejala utama dari pembawa virus corona adalah demam tinggi dan sesak nafas.

Baca juga: Mengenali Virus Corona dan Gejala Penyakit SARS

Hingga Sabtu, 18 Januari 2020, kata Tjetjep, belum ditemukan warga yang mengidap virus itu di Indonesia. []

Berita terkait
Korban Keempat Virus Korona di China Meninggal
Jumlah warga China yang tertular virus korona dilaporkan 217, 198 diantaranya ada di Wuhan, korban keempat meninggal awal pekan ini
Virus Corona China Bisa Menyebar Antar Manusia
Pejabat kesehatan senior China yang menyelidikan wabah pneumonia dari virus corona baru menyebutkan bahwa penyakit ini bisa menluar antar manusia.
Warga Kalteng Digegerkan Virus Japanese Encephalitis
Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah menjelaskan penularan virus Japanese Encephalitis. Hal itu diungkapkan untuk menjawab keresahan warga.
0
Panik karena Corona, Masker Langka di Bantaeng
Akibat panik karena isu penyebaran virus corona, membuat masker di Kabupaten Bantaeng hilang dari peredaran karena diborong pembeli.