Viral Petugas Puskesmas Tak Layani Pasien, Asyik Karaokean

Dari hasil pemeriksaan, hanya dua orang yang berkaraoke yaitu, bidan puskesmas.
Ilustrasi Karaoke. (Foto: Tagar/Pixabay/Simoneph)

Jakarta - Bupati Bogor Ade Yasin meluapkan kemarahannya saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pukesmas Situ Udik, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor. Ia memergoki para petugas puskesmas tersebut sedang asyik karaokean dan tidak mengindahkan pasien yang ingin berobat.

Ade yang juga sebagai ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor langsung memberi teguran tegas kepada petugas puskesmas yang terlibat dalam kasus tersebut.

"Di masa pandemi seperti ini seharusnya jangan ada yang santai-santai," kata dia, Minggu, 11 Juli 2021.

Ade meminta agar kejadian ini menjadi pelajaran dan bahan pertimbangan bagi para petugas puskesmas lainnya. Sebab, kasus video viral itu sudah membuat resah warga sehingga kapok untuk kembali berobat.

"Seharusnya kan standby secara bergilir di pukesmas ini, kasihan masyarakat ketika ingin dilayani tapi diabaikan," ujarnya.

Apalagi dalam kasus ini, sambung dia, ada seorang ibu hamil yang hendak menanyakan persoalan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Begitu pula ada seorang warga yang mengaku sebagai pasien Covid-19.

Ade pun mengatakan sudah mengunjungi rumah ibu hamil tersebut dan ternyata dalam video itu ia juga ingin mengantar suaminya berobat. Dari pengakuan ibu hamil tersebut, petugas puskesmas mengatakan agar dirinya datang esok hari. Ia juga membenarkan bahwa saat itu petugas sedang berkaraoke.

Karena itu, ia mengingatkan kepada semua petugas kesehatan agar tidak melakukan hal serupa ketika masyarakat membutuhkan layanan kesehatan.

"Tadi juga sudah diperiksa, kalau ada alat karaoke mau kita sita, tapi tidak ada, mereka mengaku nyanyi pakai alat sound sistem untuk memanggil pasien. Tapi tetap saja salah," ujarnya.

"Terhadap yang abai itu ada punishment (hukuman), itu nanti seperti apa dari pihak puskesmas yang memberikan," katanya.

Kepala Puskesmas Situ Udik, Lenny Asyita mengaku sangat menyesalkan perbuatan para petugas puskesmas. Akibat kasus video viral itu, dirinya langsung ditegur oleh Bupati Bogor Ade Yasin.


Seharusnya kan standby secara bergilir di pukesmas ini, kasihan masyarakat ketika ingin dilayani tapi diabaikan.


Lenny juga mengaku dirinya sudah memanggil tiga orang petugas yang terlibat dalam kasus video viral tersebut.

Ia mengatakan bahwa saat kejadian itu ada tiga orang di dalam puskesmas. Salah satunya office boy (OB) yang ada di video viral tersebut.

Dari hasil pemeriksaan, hanya dua orang yang berkaraoke yaitu, bidan puskesmas. Sementara satu orang OB itu tengah membersihkan puskesmas dan sempat meminta pasien untuk kembali esok hari.

"Sudah saya panggil tiga orang itu, mereka tanda tangan di surat tertulis, dan nanti juga akan kita beri sanksi," tegasnya.

Seperti diketahui, beredar video berdurasi 1 menit 43 detik yang menunjukkan warga yang akan melakukan pemeriksaan di Puskesmas Situ Udik. Satu yang dinyatakan reaktif antigen dan satunya lagi merupakan seorang ibu yang tengah hamil.

Puskesma viralViral Puskesmas Tolak Pasien Saat Jam Kerja Dan Malah Sibuk Karokean. (Twitter/@txtdaribogor)

Warga ingin melakukan pemeriksaan kesehatan dari puskesmas tersebut, tetapi disayangkan Puskesmas Situ Udik dalam keadaan tertutup dengan suara musik yang diduga tengah melakukan karaoke di dalam pusat kesehatan masyarakat. []

Baca Juga: Gisel Kembali Viral Mengenakan Tank Top Hitam

Berita terkait
Covid-19 Melonjak, Viral Video Warga Rebutan Susu Beruang
Dalam awal video tersebut, dua karyawan swalayan berbaju biru berkerah merah berdiri menunggu toko dibuka.Tak lama kemudian warga merangsek masuk.
Trik Masak Indomie yang Viral, Cukupkah Direndam Air Panas?
Orang Singapura melalui TikTok memperkenalkan aliran baru dalam memasak indomie. Cukup dengan diseduh, mie sudah siap disajikan.
Lirik Lagu Viral TikTok 'Beggin' Maneskin
Maneskin adalah grup band pemenang dalam Eurovision Song Contest ke-65 yang digelar tahun 2021 ini.
0
Viral Petugas Puskesmas Tak Layani Pasien, Asyik Karaokean
Dari hasil pemeriksaan, hanya dua orang yang berkaraoke yaitu, bidan puskesmas.