UNTUK INDONESIA
Panti Asuhan Anak Mentawai di Padang Terbakar
Kebakaran di Kota Padang, Sumatera Barat, menghanguskan asrama Panti Asuhan khusus anak Mentawai.
Petugas pemadam kebakaran berjibaku memadamkan api di Kota Padang, Sumatera Barat, Jumat, 6 Maret 2020 malam. (Foto: Tagar/Muhammad Aidil)

Padang - Kebakaran hebat terjadi di kawasan Parupuk Tabing, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat, Jumat, 6 Maret 2020, sekitar pukul 20.30 WIB malam.

Semua terjadi saat kami berada di asrama perempuan. Panti ini berdiri tahun 2001.

Bangunan yang ludes dilahap si jago merah itu ternyata asrama laki-laki Panti Asuhan Alfalah khusus ditempati anak-anak Kepulauan Mentawai.

Pimpinan Panti Asuhan Al Falah, Ustaz Zul, 60 tahun, mengatakan saat kebakaran terjadi, panti dalam keadaan kosong. Sebab, anak-anak panti sedang mengikuti pengajian mingguan di Panti Asuhan khusus perempuan yang berada tak jauh dari lokasi kejadian.

"Biasalah, itu kegiatan mingguan kami, pengajian, makan-makan dan wirid serta salat berjamaah," katanya di lokasi kejadian kepada Tagar, Jumat, 6 Maret 2020 malam.

Menurut Zul, nyaris tidak satu pun barang di asrama laki-laki itu berhasil diselamatkan dari kepungan api. Asrama itu terbagi dalam 6 ruangan yang ditempati oleh 17 orang anak-anak.

"Semua terjadi saat kami berada di asrama perempuan. Panti ini berdiri tahun 2001," katanya.

Salah seorang anak panti penghuni asrama yang terbakar, Ronal, 17 tahun, mengatakan sempat terdengar ledakan dari dalam bangunan itu, sebelum terjadinya kebakaran.

"Saya dikasih tahu teman yang berada di tempat itu, ada (ledakan) terjadi saat kebakaran," katanya.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang Dedi Henidal mengatakan pihaknya menerjunkan sebanyak enam unit mobil damkar dengan 48 orang personel, untuk membantu proses pemadaman api.

"Kami terkendala jalan yang sempit dan api dapat kami jinakkan setelah satu jam proses pemadaman," katanya.

Kendati demikian, pihaknya belum bisa merinci berapa total kerugian yang ditimbulkan akibat kebakaran itu. Sebab, proses penyelidikan selanjutnya diserahkan ke pihak kepolisian. []

Berita terkait
Ngebut, Mobil Damkar di Padang Masuk Parit
Mobil Pemadam Kebakaran di Kota Padang masuk ke dalam parit saat berjuang memadamkan api.
Kuli Bangunan Diduga Perkosa Bocah Padang Pariaman
Kuli bangunan diringkus polisi karena diduga memperkosa gadis di bawah umur di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat.
Truk Hantam Kedai dan Rusak 8 Kendaraan di Padang
Truk bermuatan sarang walet menghantam kedai martabak mesir hingga menabrak delapan kendaraan di Kota Padang, Sumatera Barat.
0
Jokowi Siapkan Mitigasi Imbas Corona di Tenaga Kerja
Presiden Jokowi telah menyiapkan enam cara untuk mengatasi dampak virus corona Covid-19 terhadap sektor ketenagakerjaan.