Viral di TikTok Soekarno Masih Hidup dan Jawaban Mbah Mijan

Presiden pertama Soekarno dikabarkan masih hidup. Isu tersebut viral di TikTok setelah Mbak Mijan memberi jawaban.
Mbah Mijan lewat akun TikToknya @Mbah Mijan memberi jawaban atas pertanyaan netizen soal isu masih hidupnya Presiden Indonesia pertama Ir Soekarno. (Foto: Tagar/TikTok/@Mbah Mijan)

Semarang - Presiden pertama Indonesia Soekarno jadi perhatian warga TikTok seiring bergulirnya demonstrasi penolakan Omnibus Law UU Cipta Kerja disahkan DPR RI. Ada yang mengaitkan dengan aksi demontrasi yang berujung rusuh, aksi mematikan mikrofon dari Ketua DPR RI Puan Maharani yang juga cucunya, hingga isu Soekarno masih hidup.

Soal isu Soekarno masih hidup ini, seorang warga TikTok @miaby1 bertanya langsung ke paranormal kondang Mbah Mijan. Dan lewat akunnya @Mbah Mijan, pria gondrong yang kerap mengungkap terawangan kehidupan publik figur di masa mendatang ini memberi jawaban yang cukup mengagetkan.

"Halo @miaby1, apa benar Ir Soekarno masih hidup?," ucapnya membacakan pertanyaan netizen tersebut. Berhenti sesaat sembari melihat ke atas, Mbah Mijan menjawab dengan tegas,"Masih."

Jawaban dari Mbah Mijan ini menghebohkan warga TikTok. Tak ayal, dalam tempo 19 jam, hasil terawangan Mbah Mijan sudah disukai lebih dari 595 ribu dan direspons lebih dari 26 ribu komentar.

Sebenarnya Soekarno itu masih hidup, tapi dirahasiakan. Kalau saya itu sebenarnya tau dia di mana tempatnya.

Banyak dari netizen yang kemudian mengaku merinding atas jawaban tersebut. "MASIH, gua bener2 mrinding dengernya ya allah, gua mulai tadi baca komen tiktok antara bener engany masi ragu, apakah ini bener2 masi ada ya allah," tulis @mabuu.

Senada, @Nabila Nurazhar menulis,"Pas mbah ngomong "MASIH" lngsung takut gua woy."

Namun ada banyak pula yang menanggapi jawaban Mbah Mijan itu dengan komentar candaan. Seperti,"nah pertanyaan saya mbahh, dari mana Mbah tauu??," tulis @lee_fadli24 dengan emoticon tertawa.

"MBAH APA BENAR PUAN MAHARAJA MASIH HIDUP?," sahut @BIBIRKUKESEMUTAN.

Soekarno masih hidupSeorang warga mengaku mengetahui keberadaan Presiden Soekarno. Pria tersebut juga menyatakan keluarga Soekarno ada di Lampung dan Megawati sering ke sana. (Foto: Tagar/TikTok/@Tauhidzz)

Sementara itu beberapa jam setelah jawaban Mbah Mijan, warga TikTok lain, @Tauhidzz mengunggah sebuah video wawancara dari seorang pria yang memberi penjelasan tak kalah heboh. 

Pria tersebut tak hanya menyatakan Soekarno masih hidup tapi juga mengaku tahu keberadaannya. Ia pun siap memberitahu dan mengantarkan seseorang yang dimaksudnya untuk bertemu dengan Soekarno.  

"Sebenarnya Soekarno itu masih hidup, tapi dirahasiakan. Kalau saya itu sebenarnya tau dia di mana tempatnya. Kalau memang orang itu menguak, ingin menguak, ingin mengerti ataupun ingin tahu Soekarno itu, boleh nanti jumpai saya, saya antar ke keluarga dia," bebernya.

Baca juga: 

Pria berambut pendek dan berkumis tak terlalu tebal itu juga mewanti untuk tidak membuka rahasia keberadaan Soekarno jika sudah bertemu.  

"Tapi dilarang membongkar, karena itu rahasia negara dan rahasia Allah SWT. 

Disinggung keberadaan keluarga Soekarno, dengan gamblang pria berbatik biru toska kombinas oranye itu menyatakan,"Ada di Lampung. (Kalau Ibu Megawati), iya sering ke sana."

Video wawancara itu juga mendapat perhatian cukup besar dari warga TikTok. Sekitar 13 jam sejak diunggah, sudah disukai lebih dari 524 ribu dan ditanggapi lebih dari 9.300 komentar. [] 

Berita terkait
Lawang Seketeng, Jejak Sejarah Soekarno di Surabaya
Kampung Lawang Seketeng memiliki jejak sejarah bapak Proklamator Kemerdekaan Indonesia, Ir Soekarno di Kota Surabaya.
Sejarawan Anhar Gonggong Ungkap Sebab Soekarno Bangun Nasakom
Sejarawan Anhar Gonggong menjelaskan sebab Presiden Indonesia pertama Soekarno menggagas Nasakom untuk melakukan perlawanan terhadap imperialisme.
Pilih Tanggal 17 Agustus, Soekarno: Saya Percaya Mistik
Sebelum membacakan proklamasi, Soekarno dan Hatta diculik oleh golongan muda ke Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat.
0
Sejarah KUA, dari Lembaga Kepenghuluan Menjadi Kantor Urusan Agama
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, bahwa KUA menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan kesejarahan Indonesia.