Vaksinasi Gotong Royong Dorong Realisasi Vaksinasi Nasional

Vakinasi Gotong Royong yang dijalankan pihak swasta bagi karyawannya mendorong percepatan vaksinasi Covid-19 secara nasional
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menyampaikan keterangan pers di lokasi kedatangan vaksin Covid-19 tahap ke-13 di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, 25 Mei 2021 (Foto: setkab.go.id - BPMI Setpres/Rusman)

Jakarta – Sampai tanggal 23 Mei 2021, sejumlah 21.616 dosis vaksin Covid-19 telah disuntikkan kepada pekerja dari 27 perusahaan dan 18 fasilitas kesehatan di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Kepulauan Riau, dan Maluku Utara. Langkah ini merupakan wujud dari Vakinasi Gotong Royong yang mendorong percepatan vaksinasi Covid-19 secara nasional.

Pemerintah menyambut baik gagasan Kamar Dagang Indonesia (Kadin) yang mendukung program vaksinasi nasional dengan melaksanakan Vaksinasi Gotong Royong secara gratis bagi karyawan di sektor swasta. Pelaksanaan Vaksinasi Gotong Royong menggunakan vaksin Sinopharm diyakini akan mempercepat terbangunnya kekebalan komunal di Indonesia.

Hal ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian), Airlangga Hartarto, dalam keterangan pers kedatangan vaksin ke-13 di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, 25 Mei 2021.

jokowi tinjau vaksinasi unileverPresiden Jokowi saat memantau pelaksanaan vaksinasi Gotong Royong, di pabrik PT Unilever Indonesia, Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Jabar, 18 Mei 2021, pagi (Foto: setkab.go.id - BPMI Setpres/Lukas)

“Pemerintah sangat menyambut baik dan mendukung pelaksanaan program Vaksinasi Gotong Royong yang digagas oleh pengusaha melalui Kadin. Berjalan paralel dengan program vaksinasi pemerintah, program Vaksinasi Gotong Royong yang juga gratis karena dibiayai perusahaan dan menggunakan merek vaksin yang berbeda, ini akan mempercepat herd immunity di Indonesia,” kata Menko Perekonomian.

Airlangga menyatakan, vaksin yang digunakan dalam program Vaksinasi Gotong Royong telah didistribusikan sebanyak 76.910 dosis. Hingga 23 Mei 2021, sejumlah 21.616 dosis telah disuntikkan kepada pekerja dari 27 perusahaan dan 18 fasilitas kesehatan di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Kepulauan Riau, dan Maluku Utara.

“Sebanyak 76.910 dosis untuk Vaksinasi Gotong Royong telah didistribusikan. Hingga saat ini, sejumlah 21.616 dosis telah disuntikkan (angka per 23 Mei 2021),” ujar Airlangga.

SehatQSehatQ ambil bagian dalam program Vaksin Gotong Royong sebagai vaksinator untuk ribuan pekerja pada pelaksanaan vaksinasi. (Foto:Tagar/SehatQ)

Pemerintah berharap agar program vaksinasi nasional dapat mencapai angka satu juta suntikan per hari. Pemberian vaksinasi Covid-19 ini diharapkan dapat meningkatkan rasa percaya diri masyarakat untuk beraktivitas kembali dan menggerakkan perekonomian Indonesia.

“Bersama kita tumbuhkan optimisme ini sehingga akan menguatkan ekspektasi terhadap perekonomian Indonesia untuk rebound di tahun 2021 ini dengan angka pertumbuhan di kisaran 4,5% sampai dengan 5,3%,” imbuhnya.

Sebagai penutup, Airlangga meminta seluruh komponen masyarakat untuk terus mendukung suksesnya program vaksinasi di Indonesia dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (BPMI Setpres)/presidenri.go.id. []

Berita terkait
Vaksin Gotong Royong Percepat Vaksinasi untuk Usia Produktif
Pemerintah terus lakukan upaya akselerasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat agar segera capai kekebalan komunal atau herd immunity.
22.736 Perusahaan Daftarkan Diri Vaksinasi Gotong Royong
Ketum Kadin sebut animo terhadap vaksinasi Gotong Royong tinggi terbukti dengan 22.736 perusahaan daftarkan diri
Mendag: Vaksinasi Sektor Swasta "Gotong Royong" Resmi Dimulai
Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mengungkapkan, pelaksanaan vaksinasi Gotong Royong untuk pekerja resmi dimulai.
0
Dugaan Penipuan Jumlah Tes Covid-19 di Jerman
Dugaan penipuan jumlah tes Covid-19 di Jerman meningkat, otoritas keseharan Jerman membahas mekanisme kontrol jumlah tes