UNTUK INDONESIA

Update One UI 3.O Tersedia di Samsung Galaxy Z Flip & Galaxy Note10

Perusahaan teknologi asal Negeri Ginseng, Samsung, meluncurkan pembaruan One UI 3.0 berbasis Android 11 untuk perangkatnya.
Ilustrasi pembaruan alias update One UI 3.O di ponsel Samsung. (Foto: GSM Arena)

Jakarta - Perusahaan teknologi asal Negeri Ginseng, Samsung, meluncurkan pembaruan One UI 3.0 berbasis Android 11 untuk perangkatnya. Setelah sebelumnya Galaxy S20 dan Galaxy Note20, kini beta One UI 3.0 akan tersedia pada ponsel Samsung lainnya.

Galaxy Z Flip dan Galaxy Note10 menjadi dua dari sejumlah smartphone milik Samsung yang menerima pembaruan One UI 3.0 untuk saat ini. Pembaruan tersebut diketahui baru menjangkau di sejumlah Negara Eropa.

Bagi Galaxy Z Flip pembaruan tiba lebih dari seminggu setelah Galaxy Z Flip 5G mendapatkan pembaruannya. Hadir dengan ukuran 2GB, pembaruan membawa tambahan keamanan.

Pembaruan baru memperkenalkan satu set peningkatan One UI 3.0 untuk smartphone yang dapat dilipat. Selain itu, memperkenalkan one-time permissions, gelembung obrolan, dan tweak layar kunci.

One UI 3.0 juga menghadirkan perombakan UI baru, diantaranya membuang Wi-Fi Direct untuk berbagi file. Hal ini digantikan dengan fitur baru yang disebut Nearby Share, di mana cara kerjanya persis sama dengan yang sebelumnya.

Galaxy Note10 dan Note10 + yang ditenagai Exynos 9825 menerima pembaruan baru. Selain itu, One UI juga memiliki serangkaian fitur baru dan perubahan yang hadir dengan iterasi ketiga.

Samsung One UI 3.0 memperkenalkan Quick Panel yang telah disempurnakan, agar memudahkan pengguna untuk beralih antara musik dan video. Pada panel notifikasi juga ditingkatkan. Pengguna bisa mendapatkan lebih banyak informasi dalam sekejap, bahkan bila ponsel terkunci.

Peningkatan lain datang dari segi software, yakni akan memberikan cara untuk mengurangi gangguang saat menggunakannya pada perangkat layar lebar. Pembaruan juga menghadirkan patch keamanan Android Desember 2020.

Tidak ada perubahan dalam versi bootloader, sehingga bila menurunkan versi perangkat lunak mungkin bukan masalah besar. Bagi pengguna yang ingin kembali ke Android 10, itu mungkin tidak akan menjadi masalah. Pembaruan diluncurkan secara bertahap.

Diharapkan Samsung meluncurkan pembaruan ini ke lebih banyak wilayah dalam waktu dekat, karena diketahui untuk saat ini pembaruan baru tersedia di wilayah Eropa, dan Nigeria. []

(Cherryn Lagustya)

Berita terkait
Oppo Reno 5 4G Siap Rilis di Indonesia 12 Januari 2021
Perusahaan telekomunikasi Oppo resmi merilis ponsel Reno 5 4G yang dijadwalkan masuk ke pasar Indonesia pada 12 Januari 2021 mendatang.
Oppo Diprediksi Bawa Lensa Sony IMX789 di Produk Terbaru
Perusahaan pengembang gawai pintar, Oppo, dikabarkan telah menyiapkan lensa Sony IMX789 dalam seri flagship selanjutnya, Find X3.
Muncul di GeekBench, Samsung Galaxy A72 4G Hadir 2021
Samsung Galaxy A72 4G yang dirumorkan akan dirilis dalam waktu dekat, ternyata sudah terlihat di daftar GeekBench.
0
Update One UI 3.O Tersedia di Samsung Galaxy Z Flip & Galaxy Note10
Perusahaan teknologi asal Negeri Ginseng, Samsung, meluncurkan pembaruan One UI 3.0 berbasis Android 11 untuk perangkatnya.