Upacara Pelepasan BJ Habibie, Warga: Selamat Jalan Pak

Upacara pelepasan jenazah Presiden ketiga RI dari rumah duka ke TMP Kalibata, Jakarta, Kamis siang, menjadi perhatian warga.
Presiden ketiga RI BJ Habibie melambaikan tangan saat akan menghadiri Sidang Tahunan MPR Tahun 2015 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat, 14 Agustus 2015. (Foto: Antara/ Sigid Kurniawan)

Jakarta - Upacara pelepasan jenazah Presiden ketiga Republik Indonesia (RI) Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie dari rumah duka ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Kamis siang, menjadi perhatian warga.

Mereka berkerumun, berbaur bersama wartawan dan tokoh yang hadir di sana, menyaksikan detik-detik pemindahan jenazah Habibie ke mobil ambulans. Sangking antusiasnya, mereka mengabadikan momen pelepasan jenazah BJ Habibie melalui telepon genggamnya.

"Selamat jalan Pak Habibie," ucap sejumlah warga, pada Kamis, 12 September 2019 seperti dilansir dari Antara.

Tak hanya sibuk dengan telepon genggam, dari kerumunan warga tampak seorang perempuan melemparkan rangkaian bunga ke mobil ambulans yang sudah siap mengantar jenazah Habibie.

"Selamat jalan Pak," ucapnya.

Presiden ketiga Republik Indonesia (RI) Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie meninggal di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta, pada 18.05, Rabu, 11 September 2019. Pada Rabu malam, jenazah Habibie dibawa ke rumah duka di Patra Kuningan, Jakarta Selatan.

BJ Habibie dimakamkan pada Kamis, 12 September 2019 di TMP Kalibata, Jakarta di samping liang lahat istrinya Ainun Habibie. Proses pemakaman untuk Habibie digelar dengan upacara militer yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo. []

Berita terkait
BJ Habibie Presiden Pertama yang Dimakamkan di Kalibata
Presiden ke-3 Indonesia, almarhum Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie wafat pada Rabu, 11 September 2019. Sore ini akan dimakamkan di Kalibata.
15 Kalimat Indah BJ Habibie yang Menembus Jantung Hati
Selain dikenal sebagai Presiden ke-3 RI dan pembuat pesawat terbang, BJ Habibie memiliki sisi romantis humanis. Ini 15 ucapannya yang indah, bijak.
BJ Habibie Sosok Inspirasi Berbagai Generasi
Mantan Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menilai BJ Habibie sebagai sosok inspirasi berbagai generasi.
0
Tinjau Lapak Hewan Kurban, Pj Gubernur Banten: Hewan Kurban yang Dijual Dipastikan Sehat
Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar meninjau secara langsung lapak penjualan hewan kurban milik warga di Kawasan Puspiptek.