Vokasi Kemdikbud

Unilever Investasi Baru Rp 2,5 Triliun di KEK Sei Mangkei

Unilever Oleochemical berencana menanamkan investasi baru sebesar Rp2,5 triliun di KEK Sei Mangkei yang berpotensi ciptakan 600 tenaga kerja.
Menko Airlangga dan Unilever Oleochemical Indonesia. (Foto:Tagar/Kemenko Perekonomian)

Jakarta - PT Unilever Oleochemical Indonesia berencana menanamkan investasi baru sebesar Rp2,5 triliun di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei. Investasi tersebut berpotensi menciptakan sedikitnya 600 tenaga kerja langsung dan 6.000 lebih tenaga kerja tidak langsung.

”Kami tengah berencana melakukan ekspansi Marvel 2, yaitu perluasan oleochemical produk dan produk dengan nilai tambah lebih yakni soap noodles dan surfaktan melalui inovasi teknologi. Nilai investasinya Rp 2,5 triliun,” tutur Arif Hudaya, Direktur Keuangan PT Unilever Indonesia ketika bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto di kantornya, Lapangan Banteng, Jakarta, Senin, 7 Juni 2021.

Perluasan investasi tersebut akan menghasilkan produk split fatty acid, distilled fatty acid, soap noodles, specialty surfactants dan pharma grade glycerin. Produk utama untuk di ekspor ke India (Hindustan Unilever Ltd) adalah split fatty acid.

Airlangga HartartoMenteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto:Tagar/ekon.go.id)

Menko Airlangga, menyambut baik rencana investasi baru PT Unilever Oleochemical Indonesia itu. Ia menegaskan komitmen Pemerintah untuk memberikan insentif berupa tax holiday terhadap investasi baru yang akan dilakukan oleh Unilever di dalam KEK Sei Mangkei.

Adapun sejak tahun 2013 hingga 2020, Unilever telah menanamkan investasi sebesar Rp2,5 triliun. Portofolio produknya adalah asam lemak (fatty acid), gliserin, soap noodles, dan dove noodles. 

Kami tengah berencana melakukan ekspansi Marvel 2, yaitu perluasan oleochemical produk dan produk dengan nilai tambah lebih yakni soap noodles dan surfaktan melalui inovasi teknologi. Nilai investasinya Rp 2,5 triliun.

Kemudian Unilever melakukan investasi lanjutan Marvel 1 sebesar Rp 300 miliar di tahun 2021, yang progress fisik sudah mencapai 92,5%. Dengan rencana tambahan investasi baru sebesar Rp2,5 triliun, total investasi Unilever di KEK Sei Mangkei akan mencapai Rp5,3 triliun.

Hingga saat ini kehadiran Unilever di KEK Sei Mangkei telah memberikan dampak ekonomi yang cukup luas, antara lain penambahan ekspor sebesar hampir USD 300 juta dari Indonesia, sehingga menjadi USD 800 juta per tahun. Kemudian penyerapan 430 tenaga kerja langsung dan 2000 lebih tenaga kerja tidak langsung. []

Berita terkait
Market Cap Telkom Disalip Unilever, Pengamat: Ada Anomali
Pengamat ekonomi dan pasar modal, Siswa Rizali menilai ada anomali di Telkom sehingga kapitalisasi pasar menurun.
Pengamat: Wajar Kapitalisasi Pasar Mandiri Disalip Unilever
Pengamat ekonomi dan pasar modal, Siswa Rizali menilai tersalipnya kapitalisasi pasar Mandiri oleh Unilever merupakan hal wajar.
Kapitalisasi Pasar Unilever Salip Emiten BUMN, Hanya Sesaat?
Sulit mengukur jangka waktu naiknya kapitalisasi pasar emiten yang menyalip emiten lain seperti Unilever yang mengungguli Bank Mandiri dan Telkom.
0
Unilever Investasi Baru Rp 2,5 Triliun di KEK Sei Mangkei
Unilever Oleochemical berencana menanamkan investasi baru sebesar Rp2,5 triliun di KEK Sei Mangkei yang berpotensi ciptakan 600 tenaga kerja.