UNTUK INDONESIA
Kapan Penetapan Rudiantara Jadi Dirut PLN?
Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menuturkan penetapan Rudiantara sebagai Dirut PLN akan diputuskan melalui RUPS.
Mantan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. (Foto: Instagram/@kemenkominfo)

Jakarta - Staf Khusus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga menuturkan penetapan eks Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara sebagai Direktur Utama (dirut) PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero akan diputuskan melalui Rapat Umum Pemegang Saham atau RUPS.

"Terkait penetapan Rudiantara, kita tunggu mengingat RUPS PLN belum ada jadwalnya," ujar Arya di Jakarta, Selasa, 10 Desember 2019 seperti dilansir dari Antara.

RUPS kata dia, tidak hanya menetapkan Rudiantara sebagai Dirut PLN saja. Tapi, ada penunjukan dan perombakan direksi di PLN.

"Ada yang dirombak, ada Wadirut juga," ucapnya.

Baca juga: PLN Butuh Dirut Kuat, 3 Tugas Ini Menanti Rudiantara

Rudiantara ditunjuk sebagai Dirut PLN setelah mendapatkan penilaian dari Tim Penilai Akhir (TPA), Senin, 9 Desember 2019. Staf khusus Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga mengungkapkan Rudiantara dinilai mampu mengejar program pembangunan pembangkit 35.000 MW hingga menekan impor bahan bakar minyak.

Rudiantara juga sebenarnya bukan orang baru di PLN dan lingkungan perusahaan BUMN. Sebab, ia pernah duduk sebagai Wakil Direktur Utama PLN periode 2008-2009.

Di sana, ia terlibat dalam pencarian pendanaan perusahaan terutama pinjaman untuk proyek pembangkit listrik 10.000 MW. Selain itu, ia dinilai mempuyai kemampuan sebagai sosok visioner saat menjadi Menkominfo yang berhasil membangun jaringan Palapa Ring, dalam rangka memeratakan akses telekomunikasi serta internet di seluruh Indonesia. []

Berita terkait
Apa Alasan Pilih Rudiantara Jadi Direktur Utama PLN?
Kementerian BUMN membeberkan alasan memilih mantan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, satu dari tiga kandidat Direktur Utama PLN.
Menkominfo Rudiantara Berangus 90 Aturan Sepanjang 2019
Menkominfo Rudiantara menyebutkan telah memberangus sedikitnya 90-an aturan sepanjang tahun 2019.
Rudiantara Mau Jadi Pengurus Masjid
Jabatan Rudiantara sebagai menteri dalam Kabinet Kerja akan berakhir dalam waktu dekat setelah pelantikan presiden dan wakil presiden.
0
Penganiaya Dua Anak di Labuhanbatu Berniat Membunuh
Korban penganiayaan menuturkan pengalamannya ketika dihajar oleh keluarga pengusaha minyak di Kabupaten Labuhanbatu.