UMKM Mitra Binaan PLN di Kampar Tembus Pasar Internasional

Rumah BUMN mendukung usaha UMKM melalui pelatihan dan pendampingan mulai dari pemasaran sampai ke produksi. Simak ulasannya berikut ini.
UMKM binaan PLN. (Foto: Tagar/PLN)

Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengapresiasi PT PLN (Persero) dalam berperan aktif membantu UMKM di Indonesia bisa naik kelas. UMKM memiliki peran penting dalam upaya membangkitkan perekonomian rakyat.

Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga dalam kunjungannya ke Rumah BUMN yang berlokasi di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau mengatakan Rumah BUMN menjadi salah satu inkubator UMKM agar bisa meningkatkan kualitas dan produktivitas usahanya.

“Provinsi Riau jadi Provinsi ke-9 yang saya kunjungi selama 5 bulan terakhir ini. Saya keliling untuk melihat keterikatan antara UMKM dan percepatan ekonomi mikro,” ucap Arya dalam keterangan tertulis, Senin, 10 Januari 2022.


PLN terus berperan aktif dalam mendorong UMKM naik kelas salah satunya lewat Rumah BUMN dimana menjadi inkubator bersama dan wadah kolaborasi dalam mencetak UMKM yang unggul.


Dalam kunjungannya, Arya mendorong BUMN untuk memberikan solusi untuk pengembangan UMKM di wilayah Kampar. “Menteri BUMN Erick Thohir punya kepedulian terhadap UMKM BUMN. Salah satunya melalui Rumah BUMN yang mendukung usaha UMKM melalui pelatihan dan pendampingan mulai dari pemasaran sampai ke produksi” ujar Arya.

Ia berharap Rumah BUMN bisa membawa produk-produk UMKM di Kampar tidak hanya ke pasar lokal tapi juga ke pasar global. Salah satu UMKM Mitra Binaan PLN di wilayah Kampar, Nur Hidayati merupakan pemilik usaha pengolahan daun kelor kampar. Ia mengolah daun kelor kampar menjadi super food sebagai alternatif makanan sehat. Ia sudah memulai usahanya sejak 2018.

“Usaha kami tidak hanya dalam pengolahan daun kelor tapi juga pemberdayaan petani dan penggarap kelor sehingga daun kelor bisa punya nilai jual yang lebih tinggi” kata Nur Hidayati.

Nur Hidayati mengaku usahanya bisa menghasilkan omzet lebih dari Rp 5 juta. “Dengan bantuan yang diberikan PLN, kami bisa menjual produk kami lebih luas lagi, kami bisa mulai menjual produk kami di Bandara Pekanbaru dan e-commerce bahkan sampai ke pasar Malaysia” ucap Nur Hidayati.

Menurut Nur Hidayati, potensi olahan produk kelor masing sangat luas karena kelor dapat menjadi alternatif olahan yang sehat tanpa mengubah rasa asli. Harapannya melalui riset yang ia lakukan dapat lebih mengenalkan olahan daun kelor lebih luas lagi.

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN Agung Murdifi menjelaskan, PLN turut berperan aktif mendukung pengembangan lebih dari 8.000 UMKM melalui 29 Rumah BUMN yang dikelola perseroan di Indonesia. Khusus di Rumah BUMN Kampar, PLN ikut serta membina 52 UMKM yang terdiri dari usaha sektor makanan, pakaian hingga kerajinan.

"PLN terus berperan aktif dalam mendorong UMKM naik kelas. Salah satunya lewat Rumah BUMN dimana menjadi inkubator bersama dan wadah kolaborasi dalam mencetak UMKM yang unggul," katanya. []

Berita terkait
PLN Pasok Listrik 5,54 MVA ke Stadion Termegah di Indonesia
PLN memasok listrik sebesar 5.540.000 volt ampere (VA) atau setara 5,54 megavolt ampere (MVA) untuk Jakarta International Stadium (JIS).
Ini Sikap PLN Soal Upaya RI Cegah Krisis Energi
PLN akan bekerja keras, efektif dan efisien dalam menjaga pasokan energi primer pembangkit.
Ternyata Ini Biang Kerok Krisis Batu Bara PLN
Arifin Tasrif mengungkapkan, salah satu penyebab terjadinya krisis batu bara ini yaitu karena tingginya harga batu bara di pasar internasional
0
UMKM Mitra Binaan PLN di Kampar Tembus Pasar Internasional
Rumah BUMN mendukung usaha UMKM melalui pelatihan dan pendampingan mulai dari pemasaran sampai ke produksi. Simak ulasannya berikut ini.