Twitter Uji Coba Emoji Reactions, Mirip Facebook?

Melansir The Verge, pilihan emoji reaction yang disediakan di timeline Twitter berbeda dengan yang sudah ada di direct messages (DM).
Ilustrasi Twitter (Foto: Tagar/Unsplash)

Jakarta - Twitter sedang menguji coba fitur emoji reactions untuk menanggapi cuitan (tweet) di timeline. Adanya fitur emoji reactions ini menimbulkan wajah baru twitter yang bervariasi sehingga pengguna tidak hanya sekedar “like”.

Melansir The Verge, pilihan emoji reaction yang disediakan di timeline Twitter berbeda dengan yang sudah ada di direct messages (DM). 

Adapun emoji reaction yang disediakan Twitter yakni mulai dari emoji menangis, berpikir, tepuk tangan, emoji tertawa sambil mengeluarkan air mata, hingga hati atau love.

Ide di balik fitur ini adalah untuk memberi orang lebih banyak cara untuk menunjukkan dengan cepat bagaimana perasaan mereka tentang sebuah cuitan. Emoji dapat diakses melalui tekan lama tombol “like”, sementara ketukan singkat akan mengirim “like” biasa.

Namun yang menarik dari pilihan emoji Twitter untuk pengujian terbarunya adalah tidak ada satupun yang negatif. Tidak ada "Wajah Marah" seperti yang Anda temukan di Facebook, atau "Jempol ke bawah" seperti emoji reaction di DM Twitter.

Twitter menjelaskan bahwa mereka memutuskan untuk tidak memilih emoji negatif ini karena orang yang disurvei mengatakan "Mereka khawatir menerima reaksi negatif terhadap beberapa pemikiran mereka.” Kekhawatiran yang valid mengingat betapa banyaknya cuitan toxic di Twitter.

Karena masih dalam tahap uji coba, fitur ini masih terbatas untuk pengguna dan dalam durasi tertentu. Twitter menyebut fitur ini akan diluncurkan di Turki dalam beberapa hari ke depan. Emoji Reaction ini akan muncul di Twitter versi iOS, Android, maupun browser.[]

(Rafi Fairuz)

Baca Juga:

Berita terkait
Twitter Uji Coba Fitur Notifikasi Jika Akun Pengguna Dikunci
Pemberitahuan ini akan menguraikan status pengguna dan memberikan beberapa panduan tambahan bagi mereka yang akunnya terkunci atau ditangguhkan.
WN Inggris Tersangka Peretas Twitter Ditangkap di Spanyol
Seseorang yang diduga terlibat peretasan Twitter profil tinggi pada Juli 2020 tahun lalu telah ditangkap di Spanyol
Akun Twitter Anggota DPR AS Diblokir Karena Posting Covid-19
Twitter bekukan sementara akun anggota DPR AS dari partai Republik, Marjorie Taylor Greene, karena cuitan keliru mengenai Covid-19
0
Twitter Uji Coba Emoji Reactions, Mirip Facebook?
Melansir The Verge, pilihan emoji reaction yang disediakan di timeline Twitter berbeda dengan yang sudah ada di direct messages (DM).