Twitter dan Facebook Hapus Postingan Presiden Trump

Twitter dan Facebook menghapus postingan dari akun Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump karena menyebarkan informasi salah virus corona.
Presiden Amerika Serikat Donald Trump. (Foto: Antara/REUTERS/CARLOS BARRIA)

Jakarta - Twitter dan Facebook menghapus postingan dari akun Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump karena melanggar kebijakan tentang membagikan informasi yang salah tentang virus corona Covid-19.

Dikutip dari Antara, Kamis, 6 Agustus 2020, postingan yang bermasalah di Facebook itu berupa video wawancara dengan Fox Friends. Presiden Trump, dalam wawancara tersebut mengklaim anak-anak hampir kebal terhadap Covid-19. 

"Video ini mengandung klaim palsu bahwa sekelompok orang kebal terhadap Covid-19, yang melanggar kebijakan kami tentang bahaya disinformasi Covid," kata juru bicara Facebook.

Sementara di Twitter, tim kampanye @TeamTrump memposting video wawancara tersebut, yang dibagikan lagi oleh sang presiden. 

Twitter menyembunyikan unggahan tersebut karena melanggar aturan soal disinformasi Covid-19. 

Juru bicara Twitter menyatakan pemilik akun @TeamTrump harus menghapus unggahan itu agar bisa mencuit lagi. Tim Gedung Putih dan kampanye Trump tidak merespons isu ini. 

Reuters melaporkan Presiden Trump mengulangi klaim tersebut saat pertemuan di Gedung Putih. 

"Anak-anak mengatasinya sangat baik. Jika kalian lihat angkanya, dalam hal kematian dan tingkat kefatalan, anak-anak di usia tertentu, sistem imun mereka sangat sangat tangguh dan kuat. Mereka kelihatannya bisa mengatasinya sangat baik dan ini menurut klaim dari setiap statistik," kata Trump. 

Facebook untuk pertama kalinya mencabut unggahan Presiden Trump yang berkaitan dengan informasi yang salah tentang virus corona. 

Sebelumnya, jejaring sosial raksasa itu mendapat kritik besar karena tidak bertindak apa-apa untuk unggahan sang presiden beberapa waktu lalu.[]

Berita terkait
Twitter Beri Label Manipulasi Postingan Donald Trump
Twitter memberi label manipulated media bahwa video yang diunggah dalam akun pribadi Presiden AS Donald Trump merupakan hasil manipulasi.
Lagi, Cuitan Presiden Trump Bermasalah di Twitter
Twitter menemukan lagi cuitan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang bermasalah tentang kekerasan.
Dikritisi Bakal Jatuh, Trump Ngamuk di Twitter
Dikritisi bakal jatuh, Trump ngamuk di Twitter. "Dia (Wolff, red) memanfaatkan Si Urakan Steve Bannon, sekarang sudah dibuang seperti anjing,” cuitnya.
0
DPR Minta Pemerintah Tetap Sediakan Slot Jalur PNS Bagi Guru
Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda meminta pemerintah untuk tetap menyediakan slot jalur pegawai negeri sipil untuk para guru di Indonesia.