UNTUK INDONESIA
Trump Akan Perketat Aturan Pencari Suaka di AS
Donald Trump tengah bersiap-siap untuk memperketat aturan bagi orang yang akan meminta suaka di Amerika Serikat.
Aktivis dan penerima DACA berunjuk rasa atas kebijakan pemerintahan Trump tentang imigran dan imigrasi di Manhattan, New York, Amerika Serikat, Kamis, 1 Maret 2018. (Foto: REUTERS/Amr Alfiky)

Jakarta - Presiden Donald Trump tengah bersiap-siap untuk memperketat aturan bagi orang yang akan meminta suaka di Amerika Serikat. 

Pasalnya, saat ini negeri Paman Sam itu sedang berupaya membendung gelombang migrasi di perbatasan selatan dengan Meksiko. 

Seperi diumumkan pada Selasa, 19 November 2019, dikutip dari Antara, pemerintah AS telah membuat kerangka yang akan memungkinkan para pencari suaka dikirimkan ke negara-negara lain, yang punya kesepakatan dengan AS untuk menerima mereka.

Peraturan itu merupakan langkah terbaru yang diambil Trump untuk mencegah pencari suaka berdatangan ke Amerika Serikat.

Trump telah menjadikan topik imigrasi dan memangkas jumlah migran, sebagian besar dari Amerika Tengah, yang mencapai perbatasan sebagai tema utama kampanyenya untuk terpilih kembali sebagai presiden.

AS telah memiliki perjanjian bilateral dengan Kanada soal suaka. Begitu juga, Guatemala, El Savador dan Honduras dalam bulan belakangan juga sudah menandatangani kesepakatan seperti itu, namun perjanjiannya belum dituntaskan.

Peraturan yang dikeluarkan pada Senin, 18 November 2019, akan mengubah pedoman bagi AS sendiri untuk melakukan kesepakatan serupa dengan negara-negara lain.

Selain itu, langkah lain yang disiapkan Trump adalah membuat para migran tidak memenuhi syarat untuk mengajukan suaka atau memaksa para migran untuk menunggu di Meksiko sampai permohonan mereka selesai ditangani. 

Namun, langkah itu tidak mencakup memaksa para pencari suaka untuk mengajukan permohonan di negara lain. []

Berita terkait
Bloomberg Lawan Kuat Donald Trump dalam Pilpres AS
Michael Bloomerg, pemilik perusahaan media diusung Partai Demokrat untuk maju dalam pemilihan presiden AS melawan petahana Donald Trump
Rapat Dengar Pendapat Pemakzulan Trump Minggu Depan
Presiden Donald Trump tengah menghadapi penyelidikan pemakzulan dirinya. Rapat dengar pendapat penyeledikan pemakzulan akan dilakukan pekan depan
Trump Kirim Utusan Hadiri Pelantikan Presiden Jokowi
Presiden AS, Donald Trump, mengirim utusan untuk menghadiri pelantikan Presiden Jokowi tanggal 20 Oktober 2019 di Gedung DPR/MPR Senayan
0
Kasus Pembobol Bank Sorong Terancam 12 Tahun Penjara
Enam terdakwa kasus dugaan kejahatan perbankkan di Bank BRI Cabang Sorong, Provinsi Papua Barat terancam 12 tahun penjara.