UNTUK INDONESIA
Bloomberg Lawan Kuat Donald Trump dalam Pilpres AS
Michael Bloomerg, pemilik perusahaan media diusung Partai Demokrat untuk maju dalam pemilihan presiden AS melawan petahana Donald Trump
Pendiri perusahaan media AS, Michael Bloomberg diusung Partai Demokrat untuk maju dalam pemilihan presiden melawan petahana Donald Trump. (Foto: BBC News)

Jakarta - Miliader Michael Bloomberg mempertimbangkan adanya permintaan agar ia ikut dalam bursa calon presiden Amerika Serikat pada 2020 mendatang. Menurut Howard Wolfson, penasihatnya,  Bloomberg merupakan figur yang bisa menandingi petahana Presiden Donald Trump. Pemilik perusahaan media  berusia 77 tahun ini diharapkan bisa mengajukan dokumen persyaratan pemilihan presiden dari Partai Demokrat minggu ini di Alabama.

Seperti diberitakan dari BBC News, Jumat 8 November 2019, ada 17 kandidat dari Partai Demokrat yang ikut bertarung bersaing menghadapi Trump. Beberapa jajak pendapat baru-baru ini menyatakan bahwa Warren dan Sanders tidak mungkin bisa mengalahkan Trump yang diusung Partai Republik.

Sejauh ini ada tiga kandidat dari Partai Republik yang juga ikut bertarung dalam pemilihan presiden AS. Namun mereka pun diperkirakan akan kesulitan untuk bisa mengunggului Trump.

Dalam sebuah pernyataan Howard Wolfson berkata,"Kita sekarang harus menyelesaikan pekerjaan dan memastikan bahwa Trump bisa dikalahkan." Katanya lagi,"Berdasarkan catatan prestasi, kepemimpinan dan kemampuannya untuk menyatukan orang dalam mendorong perubahan, Mike (Michael Bloomberg) bisa menang melawan Trump."

Posisi1Donald Trump (Foto: dw.com)

Mengingat kandidat dari Partai Demokrat yang mencapai 17 orang, maka pengurus partai akan melakukan proses seleksi untuk menghasilkan yang terbaik. Untuk daerah pemilihan Alabama, para kandidat pada Jumat harus menyerahkan dokumen yang diperlukan untuk mendapatkan kartu suara utama Partai Demokrat. Bila Bloomberg yang pernah menjabat wali kota New York itu benar-benar mau ikut dalam bursa pencalonan, ia harus mendaftar di negara bagian lain yang masih memiliki tenggat waktu.

Kekayaan Michael Bloomberg

Berdasarkan data Forbes, Bloomberg memiliki kekayaan 52 miliar dolar AS. Nilai kekayaannnya tujuh belas kali lebih banyak dari Trump yang tercatat 3,1 miliar dolar AS. Ia pernah berkarir bankir di Wall Street, namun Bloomberg kini lebih dikenal sebagai pemilik perusahaan media massa multinasional di AS.

Bloomberg terkenal dengan kedermawanannya. Ia telah menyumbang jutaan dolar AS untuk pendidikan, kesehatan, dan lainnya. Karir politiknya dimulai sebagai kader Partai Demokrat. Kemudian Bloomberg pindah ke Partai Republik dan diusung untuk mengikuti pemilihan wali kota New York pada 2001.

Bloomberg terpilih menjadi wali kota New York selama tiga periode hingga tahun 2012. Tahun lalu ia kembali berlabuh di Partai Demokrat dan diusung untuk mengikuti bursa pencalonan presiden.

Berita terkait
Rapat Dengar Pendapat Pemakzulan Trump Minggu Depan
Presiden Donald Trump tengah menghadapi penyelidikan pemakzulan dirinya. Rapat dengar pendapat penyeledikan pemakzulan akan dilakukan pekan depan
Lawan Tekanan Pemakzulan, Donald Trump Dibela Pence
Presiden Amerika Serikat, Donald Trump mendapat dukungan dari wakilnya, Mike Pence menghadapi tekanan pemakzulan yang dimotori Partai Demokrat.
Proses Pemakzulan Donald Trump Pengaruhi Ekonomi AS
Proses pemakzulan Donald Trump dapat berdampak buruk pada perekonomian AS, apalagi saat ini sedang terlibat perang dagang dengan China.
0
Masa Tunggu Calon Jamaah Haji di Sumsel 18 Tahun
Dengan kuota haji 6.988/tahun diperkirakan masa tunggu keberangkatan jamaah haji Sumsel 18 tahun, sampai tahun 2030 77.000 calon jamaah terdaftar