UNTUK INDONESIA
Truk Sawit Masuk Jurang Pessel, Sopir Luka-luka
Satu unit truk CPO terjun ke dalam jurang di Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Sopir mengalami patah tulang dan seorang penumpang luka.
Evakuasi bangkai truk CPO yang masuk ke dalam jurang Jalan Batangkapas-Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Jumat 15 November 2019. (Foto: Tagar/Teddy Setiawan)

Pesisir Selatan - Satu unit truk tangki pengangkut minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) menerjuni jurang sedalam 30 meter di Jalan Batangkapas-Painan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat, Jumat 15 November 2019. Akibatnya, sopir dan sejumlah penumpang mengalami luka-luka.

Sopir dan seorang penumpang truk CPO itu masih menjalani perawatan di Puskesmas Batangkapas.

Kasat Lantas Polres Pessel, Iptu Yuliadi, mengatakan dari hasil olah tempat kejadian perkara (TKP), kecelakaan tunggal ini dipicu rem blong. Sopir truk yang bernama Yusman Syahrul hilang kendali hingga masuk ke dalam jurang.

"Ya, kecelakaannya dekat penurunan Bukit Pulai, Nagari IV Koto Hilir," kata Yuliadi kepada Tagar, Jumat 15 November 2019.

Dari keterangan saksi, truk bermuatan CPO bernomor polisi BA 9125 RP itu datang dari arah Inderapura, Kecamatan Pancung Soal menuju Kota Padang.

Sampai di lokasi kejadian sekitar pukul 05.00 WIB, truk tiba-tiba hilang kendali lalu rebah kuda dan terseret di badan jalan hingga akhirnya masuk ke dalam jurang.

"Pas dapat informasi, anggota langsung ke lokasi untuk melakukan evakuasi korban. Sedangkan evakuasi bangkai truk kami gunakan mobil derek yang dibantu truk penarik," katanya.

Selain sopir, truk tersebut juga mengangkut seorang penumpang bernama Rika. Akibat kejadian ini, Yusman mengalami luka di bagian punggung hingga lecet di bagian tangan dan kaki. Sedangkan Rika mengalami luka robek serta lecet di bagian kaki dan tangan.

"Sopir dan seorang penumpang truk CPO itu masih menjalani perawatan di Puskesmas Batangkapas," katanya.

Selain itu, kerugian materil atas kecelakaan ini ditaksir mencapai Rp150 juta. Pihaknya juga telah mengamankan truk CPO yang remuk ke Mapolres Pessel.

"Kasus kecelakaan ini masih dalam tahap penyelidikan lebih lanjut. Sejumlah saksi mata sudah kami periksa. Termasuk keterangan sopir dan penumpang," tuturnya. []

Berita terkait
32 Toko di Pasar Batangkapas Pessel Terbakar
Kebakaran di Pasar Batangkapas, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar, menghanguskan 32 toko. Api diduga akibat korsleting listrik arus pendek.
Honor Petugas TPS Naik, Ini Permintaan KPU Pessel
KPU Pesisir Selatan mengajukan penyesuaian anggaran pilkada dalam pembahasan APBD 2020.
Gempa Guncang Pessel, Terasa Hingga ke Padang
Gempa bumi bermagnitudo 4,8 mengguncang Pesisir Selatan. Getaran yang cukup keras juga terasa hingga ke Padang.
0
Dua Titik Rawan Kecelakaan di Jeneponto
Ada dua titip rawan kecelakaan di Jeneponto menjadi pusat perhatian pemkab, Jasa Raharja dan kepolisian yakni di Jalan Poros Paccelang dan Karamaka