UNTUK INDONESIA
Truk BBM Terbalik, Padang-Solok Lumpuh Tengah Malam
Truk pengangkut BBM terbalik di Jalan Lintas Sumatera, tepatnya di pendakian Sitinjau Laut, Kota Padang, Sumatera Barat.
Truk pengangkut BBM terbalik di Jalan Lintas Sumatera, tepatnya di pendakian Sitinjau Laut, Kota Padang, Sumatera Barat. (Foto: Tagar/Muhammad Aidil)

Padang - Truk Pertamina bermuatan bahan bakar minyak (BBM) jenis premium terbalik di kawasan pendakian Sitinjau Laut, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat, Senin 6 Januari 2020. Akibatnya, Jalan Lintas Sumatera yang menjadi jalur utama utama Padang-Solok lumpuh total hingga tengah malam.

Informasinya, truk tangki BA 8146 QU yang datang dari arah Kota Padang menuju Solok ini mengalami kecelakaan tunggal sekitar pukul 17.30 WIB.

Kami bersama-sama dorong ke kanan. Setelah itu kami siram jalan sampai betul-betul bersih dan tak licin.

Badan truk rebah kuda dan melintang ke badan jalan. Kondisi membuat jalan tidak bisa dilalui. Apalagi, BBM jenis premium yang dibawa truk Pertamina itu juga tumpah ke badan jalan.

Pantauan Tagar di lokasi kejadian, kemacetan panjang terjadi dari kedua arah jalur. Ratusan kendaraan terjebak macet yang panjangnya lebih dari 5 kilometer.

Sementara itu, petugas juga sedang berjibaku memindahkan BBM premium yang tersisa ke truk tangki Pertaminan lainnya. Di tempat yang sama, dua armada pemadam kebakaran juga dikerahkan untuk membersihkan tumpahan premium di badan jalan.

Hingga pukul 22.00 WIB, pihak Pertamina masih mengupayakan muatan premium tak bertambah tumpah ke badan jalan.

Pihak kepolisian berupaya sesegera mungkin mengevakuasi truk jika proses pemindahan BBM premium selesai dilakukan. Rencananya, truk Pertamina yang terbalik digeser ke pinggir badan jalan.

"Pemindahan premium memang sedikit sulit dan berbahaya, kami sterilkan lokasi dekat truk. Untuk truk yang terbalik kami geser ke kanan. Memang saat ini sudah lima jam arus kendaraan lumpuh total," kata Kasat Lantas Polresta Padang, Kompol Asril Prasetya, di lokasi kejadian.

Jika truk berhasil digeser ke kanan, pihak kepolisian mengupayakan arus kendaraan segera dibuka dari dua arah sekaligus. Namun pengendara diminta tetap berhati-hati karena jalan licin.

"Kami bersama-sama dorong ke kanan. Setelah itu kami siram jalan sampai betul-betul bersih dan tak licin," katanya.

Asril memastikan tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan. Menurutnya, saat kejadian, sopir langsung ke luar ketika truk melaju mundur secara tiba-tiba.

Hingga pukul 22.30 WIB, arus kendaraan Padang-Solok masih lumpuh total. Sementara proses evakuasi premium yang masih tersisa di tangki truk telah selesai dipindahkan pihak Pertamina ke truk lain. []

Berita terkait
Kerugian Banjir Solok Selatan Rp 16 Miliar
Banjir yang menerjang Solok Selatan, Sumatera Barat, menimbulkan kerugian hingga Rp 16,1 miliar.
BBM Turun, Ini Harga Pertamax dan Solar untuk Sumbar
PT Pertamina (Persero) melakukan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) umum jenis bensin dan solar mulai 5 Januari 2020.
BKSDA Sumbar Siaga Usai Penemuan Harimau Sumatera
Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatra Barat (Sumbar) memasang kamera pemantau atau CCTV untuk mengetahui pergerakan Harimau Sumatera.
0
Bubarkan Salat Berjemaah di Parepare Berujung Polisi
Seorang camat di Kota Parepare Sulsel dilaporkan ke polisi karena berusaha membubarkan jemaah yang hendak salat Jumat berjemaah.