UNTUK INDONESIA
Travel Minta Penjelasan Soal Penangguhan Visa Umrah
Penangguhan visa umrah oleh kerajaan Arab Saudi berdampak kepada pemberangkatan jamaah umrah asal Bandung dari travel Qiblat Tour
Dok. Jamaah Qiblat Tour pada saat ibadah umroh di Arab Saudi .(Foto: Tagar/Erian Sandri).

Bandung - Adanya penangguhan visa umrah oleh kerajaan Arab Saudi berdampak kepada pemberangkatan jamaah umrah asal Bandung dari travel Qiblat Tour.

Direktur Utama Qiblat Tour, Wawan, mengatakan bahwa pihaknya saat ini tengah berkomunikasi dengan otoritas penerbangan dan pihak kedutaan, terkait penangguhan visa ini, hal tersebut disampaikan Wawan melalui sambungan telepon.

"Pagi ini saya menuju ke Jakarta, untuk membahas perihal tersebut. Terkait penangguhan visa itu memang benar menjadi keputusan pihak kerajaan Arab Saudi," jelasnya, Kamis, 27 Februari 2020.

Wawan menambahkan, yang saat ini menjadi fokus dari para pengusaha travel yakni bagaimana memberikan penjelasan detail kepada jamaah, agar mereka paham akan kebijakan yang dikeluarkan oleh kerajaan Arab Saudi terkait hal tersebut.

Menurutnya, hal ini sangat penting untuk memberikan kepastian serta menjaga kepercayaan pihak travel dengan para jamaah agar tidak ada pemikiran-pemikiran liar terkait penangguhan keberangkatan umroh mereka.

"Kami fokus menjelaskan ke jamaah umrah, tentang jika visa sudah dipegang terus tidak boleh berangkat. Itu menjadi tanggung jawab siapa, kami yang penting menenangkan dulu jamaah," paparnya.

Terkait penangguhan soal visa umroh sendiri, Wawan menilai sangat masuk akal. Karena menyangkut kesehatan manusia, ini langkah yang baik yang diambil pihak Arab Saudi guna melindungi kesehatan para jamaah yang ada di Saudi.

"Kami menerima hal ini, sekarang kami fokus bagaimana menenangkan dan memberi pemahaman ke jamaah. Apalagi di awal Maret besok kami akan memberangkatkan 150 jamaah yang sudah memegang visa, penjelasan detail ke jamaah menjadi prioritas kami," pungkasnya.

Selain itu, Engkos , salah seorang jamaah yang rencananya akan melaksanakan Umroh di awal bulan maret tahun ini merasa kecewa jika memang keberangkatannya harus ditangguhkan, namun jika penangguhan itu demi kepentingan yang lebih baik dirinya mengaku ikhlas.

"Kecewa sih pasti ya, cuman kalo emang alasannya demi kepentingan yang lebih besar sih gak apa-apa, mungkin kita lagi di uji untuk belajar sabar, dan mudah-mudahan penangguhan ini gak lama," katanya. []

Berita terkait
Tangkal Corona Arab Saudi Tangguhkan Visa Umrah
Pemerintah Kerajaan Arab Saudi menangguhkan pemberian visa umrah dan visa wisata dari negara wabah virus corona untuk tangkal virus corona
Visa Haji dan Umrah Kini Bisa Online
Kedutaan Besar Kerajaan Arab Saudi telah menyediakan aplikasi online pengurusan visa haji dan umrah.
Arab Saudi Hapus Kebijakan Visa Progresif Umrah
Pemerintah Arab Saudi resmi mencabut kebijakan visa progresif untuk umrah melalui dekrit raja. Hal ini untuk mewujudkan visi 2030 mengenai target.
0
DPO Kasus Curanmor, Pelajar Deli Serdang Ditangkap
Seorang pelajar SMA di Kabupaten Deli Serdang ditangkap setelah 10 bulan menjadi buronan pencurian sepeda motor.