UNTUK INDONESIA
Transplantasi Ginjal Ampuh Tingkatkan Kualitas Hidup
Transplantasi ginjal menjadi metode terbaik mengatasi penyakit ginjal. Bahkan, cara ini bisa meningkatkan kualitas hidup pasien.
Ilustrasi Ginjal. (Foto: gooddoctor.co.id)

Jakarta - Transplantasi ginjal menjadi salah satu metode terbaik untuk mengatasi penyakit ginjal. Sebab, cara ini bisa membuat kualitas keberlangsungan hidup pasien lebih baik ke depannya.

Pokja Transplantasi Ginjal Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Departemen Urologi FKUI-RSCM, Dr. dr. Nur Rasyid, SpU (K) mengatakan transplantasi ginjal menjadi metode terbaik untuk mempertahankan kualitas hidup pasien. 

Menurut dia, adanya ginjal sehat yang didapat dari donor, fungsi ginjal untuk pengeluaran zat sisa, racun, maupun cairan menjadi normal. Sehingga dapat membantu pasien untuk menjalankan aktivitasnya secara normal seperti sebelum mengalami penyakit ginjal. 

"Berdasarkan studi, pasien penyakit ginjal tahap akhir yang menjalani prosedur transplantasi memiliki harapan hidup yang lebih lama dibandingkan dengan pasien yang menjalani prosedur cuci darah," kata dr. Rasyid dalam diskusi virtual RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo, Jumat, 11 September 2020.

Pasien yang telah melewati proses transplantasi ginjal, tentu akan dapat menjalankan hari-harinya dengan baik dan normal. "Dia sehat, dapat bekerja seperti biasa 100 persen, makanannya tidak perlu diatur terlalu ketat, minum tidak harus dibatasi sehari misalnya 1 botol, sekarang juga dua liter boleh," ucap dr. Rasyid.

Dokter Rasyid mengakui biaya transplantasi terhitung lebih ekonomis dibandingkan dengan cuci darah. "Beban finansial bagi pasien maupun penjamin pun menjadi lebih ringan," ucapnya.

Kata dia, biaya transplantasi sekitar Rp 300 juta bisa ditanggung oleh BPJS. "Mungkin ada biaya-biaya lain, tapi mungkin kalau dihitung tidak semahal mobil Avanza second lah. Menurunkan pengeluaran rutin yang lainnya," ujar dr. Rasyid.

Baca juga:

Berita terkait
Mengenal Cara Baru Atasi Batu Tanduk Rusa di Ginjal
Kini mengatasi batu tanduk rusa di ginjal bisa dengan teknik baru tanpa menggunakan x-ray guna meminimalisir paparan radiasi terhadap pasien.
Gejala Batu Tanduk Rusa Ginjal yang Perlu Diwaspadai
Batu tanduk rusa ginjal menjadi penyakit yang kerap dialami masyarakat Indonesia. Sehingga penting untuk mengenal gejalanya agar tetap waspada.
Begini Cara Kerja Rokok Merusak Ginjal
Mau tahu bagaimana cara kerja rokok merusak ginjal?
0
Jadwal Liga Europa, Ujian AS Roma dan AC Milan
Tim-tim Serie A Italia menghadapi ujian di laga pertama Liga Europa. AS Roma menghadapi Young Boys, sedangkan AC Milan bertemu Celtic.