Toyota BZ4X Akan Meluncur Secara Global Pada 2022

Mobil ini merupakan mobil SUV all electric yang dikembangkan pertama kali dari platfrom e-Toyota New Global Architecture (e-TNGA).
Toyota BZ4X. (Foto: Tagar/Instagram/@toyota)

Jakarta – Toyota akhirnya merilis SUV Listrik miliknya baru-baru ini, yakni BZ4X, mobil ini sudah pertama kali dikenalkan lewat model konsep pada April 2021 lalu. Mobil ini merupakan mobil SUV all electric yang dikembangkan pertama kali dari platfrom e-Toyota New Global Architecture (e-TNGA).

Dalam laman resminya juga tertulis bahwa mobil ini dikembangkan bersama dengan subaru. Toyota juga berencana untuk memperluas 70 model elektrifikasinya secara global pada tahun 2025.

Pada kemudinya yang merupakan sistem steer by wire, pada sistem ini tidak adanya koneksi mekanik antara ban dan kemudi. Kemudi hanya perlu memutar 150 derajat saja serta tidak perlu menggerakkan tangannya. Dengan adanya sistem ini dapat mengurangi kebutuhan untuk cengkraman saat mengemudi.

Nama BZ dalam mobil ini merupakan singkatan dari Beyond Zero dan akan tersedia dengan dua varian, yakni dengan penggerak All Whell Drive (AWD) dan Front Wheel Drive (FWD), selain itu interior dengan konsep terbuka pada mobil ini dirancang untuk meningkatkan kenyamanan serta kepercayaan diri saat mengemudi dijalan.

SUV listrik BZ4X akan dibekali dengan baterai 71,4 kwh dan menggunakan penggerak AWD serta dapat menempuh hingga 460 km hanya dalam satu kali pengisian, sedangkan untuk FWD mampu menempuh jarak hingga 500 km dalam satu pengisian saja.

dengan menggunakan AWD mobil ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 215 hp serta torsi yang mencapai 336 Nm, sedangkan untuk model penggerak Front Wheel Drive (FWD) dapat menghasilkan tenaga sebesar 204 hp dan 265 Nm torsi pada puncaknya.

BZ4X dibangun dengan platfrom yang fleksibel serta akan dikembangkan Toyota bersama dengan Subaru, karena Toyota memiliki sedikit saham kepemilikan di Subaru. Subaru juga akan mendesain mobil listrik miliknya sendiri dengan mengunakan teknologi e-TNGA.

Mobil BZ4X ini memiliki fitur catu daya eksternal DC yang digunakan untuk memberikan daya untuk aktivitas ke luar ruangan, rumah, dan lain – lainnya. Untuk segi keamanan jika terjadi kecelakaan, BZ4X memiliki struktur respons tabrakan omni-directional yang berguna untuk melindungi baterai serta penumpang.

Melalui laman resminya Toyota akan mulai melakukan penjualan mobil ini secara global pada pertengahan tahun 2022 mendatang.

(Ranutyas Djati Kusuma)

Berita terkait
Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Kredit Mobil
Anda harus menahan Rp4 juta setiap bulannya selama 2,5 tahun agar bisa memiliki mobil.
Hindari Kesalahan Ini Ingin Saat Beli Mobil Bekas
Sebelum menjatuhkan pilihan mobil bekas mana yang akan dibeli, tahan diri sejenak untuk melakukan perbandingan dengan yang lain.
Porsche Luncurkan Mobil Listrik Bergaya Crossover Estate
Porsche baru saja meluncurkan mobil listrik bergaya crossover estate yang akan di pasarkan di seluruh dunia. Berikut model-modelnya.
0
Toyota BZ4X Akan Meluncur Secara Global Pada 2022
Mobil ini merupakan mobil SUV all electric yang dikembangkan pertama kali dari platfrom e-Toyota New Global Architecture (e-TNGA).