UNTUK INDONESIA
Tottenham Vs Olympiakos, Mourinho Minta Maaf
Tottenham Hotspur lolos ke 16 Besar Liga Champions setelah menang 4-2 atas Olympiakos. Meski menang manajer Jose Mourinho minta maaf kepada pemain.
Tottenham Hotspur lolos ke 16 Besar Liga Champions setelah menang 4-2 atas Olympiakos di Stadion Tottenham Hotspur, Rabu 27 November 2019 dini hari WIB. Tampajk kapten Tottenham Harry Kane (kanan) mencetak gol di laga itu. (Foto: standard.co.uk)

Jakarta - Tottenham Hotspur meraih kemenangan dramatis 4-2 atas Olympiakos Piraeus di pertandingan Grup B Liga Champions di Stadion Tottenham Hotspur, London, Rabu 27 November 2019 dini hari WIB. Kemenangan yang meloloskan Tottenham ke 16 Besar. Meski demikian manajer Jose Mourinho merasa perlu meminta maaf kepada pemainnya.

Tottemham dalam posisi tertinggal dua gol saat Mourinho menarik gelandang Eric Dier di menit 29. Dirinya digantikan Christian Eriksen demi meningkatkan serangan karena Tottenham harus memenangkan laga ini. 

Mourinho terpaksa mengorbankan Dier yang musim ini jarang mendapat kesempatan bermain saat Tottenham masih ditangani Mauricio Pochettino. Namun saat Mourinho menggantikan Pochettino, Dier selalu dimainkannya. Hanya, eks pelatih Manchester United ini memilih menarik Dier setelah tim tertinggal lewat gol Youssef El-Arabi dan Ruben Semedo dalam tempo kurang dari 20 menit. 

Pilihannya menarik Dier atau Harry Winks. Ini keputusan sulit. Namun pemain akhirnya mengerti

Pergantian tersebut memang memberi dampak. Tottenham mampu memperkecil ketinggalannya melalui gol Dele Alli menjelang akhir babak pertama. Di babak kedua, klub London utara ini sudah tak terbendung dan berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 4-2.

Mourinho mengatakan bila pergantian Dier sepenuhnya kebutuhan tim. Dengan posisi tertinggal, Tottenham butuh pemain yang punya karakter menyerang. Bahkan Mourinho sampai meminta maaf atas keputusannya menarik gelandang berusia 25 ini. 

"Hal pertama yang ingin saya sampaikan bahwa di ruang ganti saya meminta maaf kepada Eric Dier. Keputusan ini jelas tak mudah bagi pemain dan pelatih," kata Mourinho. 

"Tetapi ini sepenuhnya kebutuhan tim. Pertahanan lawan sangat bagus dan saya butuh pemain di posisi kedua (second line). Pilihannya menarik Dier atau Harry Winks. Ini keputusan sulit. Namun pemain akhirnya mengerti," ucapnya. 

Bahkan Mourinho sesungguhnya tak ingin menarik Dier tetapi bek tengah. Dengan demikian, Dier diposisikan sebagai bek tengah. Namun manajer asal Portugal ini kemudian memilih Dier yang digantikan. 

"Eric bisa memahaminya karena ini demi tim bukan pemain. Saya pun sempat mempertimbangkan menarik bek tengah dan Eric yang kemudian bermain di posisi itu. Tetapi saya akhirnya tetap pada keputusan semula," kata Mourinho lagi. 

Bekerja Keras

Tottenham harus bekerja keras menghadapi Olympiakos. Bahkan mereka sudah kebobolan saat laga baru berjalan enam menit melalui gol El-Arabi. Dan di menit 19, Semedo menambah penderitaan The Lilywhites

Jose MourinhoManajer Tottenham Hotspur Jose Mourinho meminta maaf kepada pemainnya, Eric Dier, karena menarik keluar saat babak pertama melawan Olympiakos belum berakhir. Pertandingan Liga Champions yang digelar di Stadion Tottenham Hotspur, Rabu 27 November 2019 dini hari WIB itu dimenangkan Tottenham 4-2. (Foto: standard.co.uk)

Tuan rumah baru bisa memperkecil ketinggalan saat Dele Alli mencetak gol di injury time babak pertama. Skor pun berubah 2-1 untuk Olympiakos. 

Di babak kedua, Tottenham yang sudah menemukan bentuk permainan pun mengamuk. Diawali gol Harry Kane saat pertandingan baru berjalan lima menit. 

Namun tuan rumah baru bisa membalikkan keadaan di menit 73. Kali ini Serge Aurier berhasil menyelesaikan umpan dari Son Heung-min. 

Tak lama berselang atau empat  kemudian, Kane mencetak gol keduanya. Skor menjadi 4-2 bagi Tottenham yang bertahan sampai akhir pertandingan. 

Kemenangan itu mengukuhkan Tottenham di peringkat dua Grup B dengan poin 10. Tim pun lolos ke 16 Besar mendampingi Bayern Munich. Tottenham unggul tujuh poin dari Red Star Belgrade yang dibantai Bayern 0-6. []

Berita terkait
West Ham Vs Tottenham, Debut Gemilang Jose Mourinho
Manajer Jose Mourinho melakukan debut gemilang bersama Tottenham Hotspur saat timnya menang 3-2 atas West Ham United, Sabtu 23 November 2019.
Jose Mourinho, Dulu Menolak Kini Puji Tottenham
Manajer Jose Mourinho pernah menolak Totenham Hotspur dan tidak akan pernah bersedia menanganinya. Namun kini dia terpaksa menjilat ludah sendiri.
Mourinho Gantikan Pochettino di Tottenham Hotspur
Jose Mourinho menjadi manajer baru Tottenham Hotspur menggantikan Mauricio Pochettino. Gaji yang diterima Mourinho juga lebih besar.
0
Mahasiswa Terduga Makar Jalani Sidang Perdana Sorong
Empat mahasiswa terdakwa tindak pidakan perkara makar menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri Sorong.