UNTUK INDONESIA
Tottenham Vs Middlesbrough, Menang di Laga Ulang
Tottenham Hotspur lolos ke babak keempat Piala FA setelah menyingkirkan Middlesbrough. Di laga replay babak ketiga, Tottenham menang 2-1.
Tottenham Hotspur lolos ke babak keempat Piala FA usai menyingkirkan Middlesbrough. Di replay babak ketiga di Stadion Tottenham Hotspur, Rabu 15 Januari 2020 dini hari WIB, Tottenham menang 2-1. Tampak bek Tottenham Japhet Tanganga berusaha menguasai bola di laga itu. (Foto: standard.co.uk)

Jakarta - Tottenham Hotspur akhirnya lolos ke babak keempat Piala FA usai menyingkirkan Middlesbrough. Dalam laga ulang (replay) babak ketiga di Stadion Tottenham Hotspur, Rabu 15 Januari 2020 dini hari WIB, Tottenham menang 2-1 atas tim dari Divisi Championshiop ini. 

Tottenham terpaksa melakoni laga ulang setelah dipaksa imbang 1-1. Di laga itu digelar di kandang Middlesbrough di Stadion Riverside, Minggu 5 Januari 2020. Saat dilakukan replay, giliran Tottenham yang menjadi tuan rumah

Tampil di hadapan pendukung sendiri, manajer Jose Mourinho melakukan rotasi pemain. Pria asal Portugal ini memberi kesempatan kepada mereka yang duduk di bench

Saya tahu kemampuan dia sangat bagus saat membaca permainan. Dan dia terus belajar. Dia menerima semua masukan

Tak hanya itu, pemain muda seperti Japhet Tanganga (20) dan Ryan Sessegnon (19) mendapat kesempatan bermain. Mereka tak sekadar menjadi pelengkap tetapi mampu memberi kontribusi bagi tim dilaga itu. Bahkan Tanganga diprediksi bakal melejit sebagai salah satu bek kanan andalan Tottenham dan tim nasional Inggris

Dirinya tampil mengesankan saat melakukan debut melawan Liverpool di akhir pekan lalu. Meski Tottenham kalah 0-1 di laga itu, namun Tanganga bermain memuaskan. 

Penampilan cemerlang kembali diperlihatkan Tanganga saat melawan Boro. Tak heran bila dia pun terpilih sebagai man of the match

"Saya sepenuhya percaya kepada dia," kata Mourinho menanggapi performa Tanganga seperti dikutip Evening Standard. "Saya tahu kemampuan dia sangat bagus saat membaca permainan. Dan dia terus belajar. Dia menerima semua masukan," ujarnya. 

"Dia bukan seorang anak zaman sekarang yang takut menghadapi jalan yang harus dilalui dengan bekerja keras dan mengambil kesempatan yang diperolehnya. Kini, orang tahu seberapa bagus dia," ucap Mourinho lagi.

Sementara, Tanganga mengaku senang dengan kesempatan bermain yang diberikan kepada dia. Hanya, dia agak kecewa karena gawang The Lilywhites kebobolan satu gol. 

"Kami seharusya tidak kemasukan. Harus diakui kami kadang menyulitkan diri sendiri," kata Tanganga. 

"Meski demikian, saya senang karena manajer menaruh kepercayaan kepada saya. Saya berharap manajer kembali menurunkan saya di pertandingan berikutnya. Kapan pun dimainkan, saya selalu siap," ujar bek berdarah Kongo ini. 

Tottenham Tidak Turunkan Skuat Terbaik 

Di pertandingan itu, Tottenham yang tidak menurunkan skuat terbaik tetap bisa menunjukkan permainan maksimal. Terutama selama 45 menit babak pertama. 

Tuan rumah langsung unggul lewat gol cepat dari Giovani Lo Celso saat pertandingan baru berjalan kurang dari dua menit. Pemain asal Arentina ini memanfaatkan kesalahan kiper Tomas Mejias yang memberikan umpan lemah kepada rekannya saat mendapat tekanan dari Sessegnon.

Tottenham HotspurPemain depan Tottenham Hotspur Giovani Lo Celso (kanan) merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Middlesbrough saat laga baru berjalan dua menit di replay babak ketiga Piala FA di Stadion Tottenham Hotspur, Rabu 15 Januari 2020 dini hari WIB. Tottenham menang 2-1 dan lolos ke babak keempat. (Foto: standard.co.uk)

Lo Celso langsung memotong bola itu dan kemudian melepaskan tendangan ke gawang Boro. Mejias yang merupakan mantan kiper Real Madrid pun tak berdaya dan bola meluncur ke gawang. Waktu menunjukkan 1 menit 56 detik. 

Unggul 1-0 membuat Tottenham kian agresif menekan lawan. Tak menunggu lama, tuan rumah mencetak gol kedua. Gol diciptakan pemain Argentina lainnya, Eric Lamela di menit 15. 

Gol itu juga disebabkan kesalahan pemain Boro. Kali ini, kapten Jonny Howson yang bolanya berhasil direbut Lamela. Mantan pemain AS Roma yang sudah tujuh musim di Tottenham ini pun sempat melewati dua bek lawan sebelum melepaskan tendangan ke gawang. Skor 2-0 bertahan sampai akhir babak pertama. 

Tampil cemerlang di babak pertama, performa Tottenham sedikit menurun di babak kedua. Ini memberi kesempatan bagi Boro untuk bangkit. 

Hasilnya, tim asuhan Jonathan Woodgate yang merupakan eks bintang Tottenham ini sempat menguasai permainan. Bahkan mereka beberapa kali mengancam pertahanan klub London utara ini. 

Namun serangan Boro masih gagal. Upaya mereka akhirnya memberi hasil di menit 83. Gol tim tamu dihasilkan George Saville. 

Skor pun berubah menjadi 2-1 untuk Tottenham yang bertahan sampai akhir laga. Gol Savile juga menjadikan tim asuhan Mourinho selalu kebobolan. Gawang mereka hanya dua kali tak kebobolan selama 14 laga terakhir. 

Di babak keempat, Tottenham akan bertemu sesama tim Liga Premier Inggris, Souhampton. Laga yang tak mudah bagi The Lilywhites yang berambisi memenangi Piala FA untuk kali pertama sejak 1991. []

Berita terkait
Piatek Tinggalkan Milan, Gantikan Kane di Tottenham
Tottenham Hotspur segera mendatangkan striker AC Milan Krzysztof Piatek untuk menggantikan Harry Kane yang cedera.
Harry Kane Cedera, Tottenham Cari Striker Anyar
Manajer Tottenham Hotspur Jose Mourinho merasa perlu mencari striker baru menyusul cedera hamstring kapten Harry Kane.
Norwich Vs Tottenham, Imbang Mourinho Kritik Pemain
Tottenham Hotspur bermain imbang 2-2 melawan Norwich City di Liga Premier Inggris, Minggu 29 Desember 2019 dini hari WIB.
0
Truk Muatan Berlebih Dilarang Menyeberang ke Bali
Kemenhub mengatakan aturan truk muatan berlebihan dilarang menyeberang dari Pelabuhan Ketapang Banyuwangi ke Bali akan berlaku mulai 1 Mei 2020.