UNTUK INDONESIA
Toba dan Empat Danau Memukau di Indonesia
Danau Toba dikenal dengan keindahan yang ditawarkan. Ada juga danau di Indonesia yang tak kalah memukau keindahannya.
Danau Toba. (Foto: Pixabay)

Jakarta - Danau Toba dikenal dengan keindahan yang ditawarkan. Objek wisata di Sumatera Utara ini sudah dikenal wisatawan nusantara (wisnus) maupun wisatawan mancanegara (wisman).

Selain Danau Toba, Indonesia memiliki berbagai danau dengan keindahannya masing-masing. Berikut Tagar rangkumkan lima wisata danau yang ada di Indonesia.

1. Danau Toba, Sumatera Utara

Danau TobaDanau Toba. (Foto: Pixabay) 

Danau Toba merupakan danau terbesar di Asia Tenggara, panjangnya mencapai 100 km dan lebar 30 km. 

Menurut sejarah, Danau Toba terbentuk karena adanya letusan gunung berapi. Letusan itu menghasilkan kaldera yang kemudian terisi air.

Berbeda dengan danau pada umumnya, di tengah-tengah danau yang mempunyai kedalaman 450 meter ini, terdapat sebuah pulau yang bernama Pulau Samosir.

2. Danau Sentani, Papua

Danau SentaniDanau Sentani. (Foto: Pixabay) 

Dengan luas mencapai 9.000 hektare, Danau Sentani merupakan terbesar di Papua. Memiliki keindahan yang memesona terutama pemandangan pulau berwarna hijau muda yang berdiri kokoh mengelilingi danau tersebut.

Selain kekayaan alam yang melimpah, udara di Danau Sentani yang sejuk juga turut menambah keasrian tempat ini. Dengan jumlah 24 desa di sekitar area danau, wisatawan juga bisa menikmati beragam budaya dan kesenian dari daerah tersebut.

3. Danau Labuan Cermin, Kalimantan Timur

Danau Labuan CerminDanau Labuan Cermin terletak di Desa Labuan Kelambu di Kecamatan Biduk-biduk Kalimantan Timur. (Foto: superadventure) 

Terletak di Desa Labuan Kelambu, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Danau Labuan Cermin menawarkan pemandangan yang begitu sangat memesona.

Disini, pengunjung akan dimanjakan dengan kejernihan air seperti cermin, keindahan di dasar danau akan terlihat.

Selain itu, Danau Labuan Cermin memiliki perpaduan antara air laut dan air tawar. Sehingga memberikan efek warna danau yang begitu cantik dengan gradasi warna biru tua, biru muda, hijau toska, dan putih.

4. Danau Ranu Kumbolo, Jawa Timur

Danau Ranu KumboloDanau Ranu Kumbolo. (Foto: Instagram/@ranukumbolosemeru) 

Ranu Kumbolo merupakan sebuah danau yang terletak di kaki Gunung Semeru dengan ketinggian 2.5400 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Danau ini merupakan spot favorit, saat mendaki Gunung Semeru, keindahannya sudah diakui oleh wisman maupun wisnu yang mendatangi.

Selain itu, pada waktu malam hari pelancong akan bisa menikmati indahnya gemerlap galaksi bima sakti di langit malam dengan mata telanjang.

5. Danau Segara Anak, Nusa Tenggara Barat

Danau Segara Anak NTBDanau Segara Anak, Nusa Tenggara Barat. (Foto: travelingyuk) 

Danau Segara Anak merupakan sebuah danau yang terletak di kawah Gunung Rinjani, tepatnya di Desa Sembalun Lawang, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Serupa dengan Ranu Kumbolo, untuk mencapai danau harus melakukan trekking terlebih dahulu, karena berada pada ketinggian 2.000 mdpl.

Disini, akan dimanja dengan pemandangan alam yang begitu masih asri dan cantik.[]

Berita terkait
Lima Objek Wisata Terbaik di Ethiopia
Saat ini Etiopia menjadi salah satu negara tujuan wisata di Benua Afrika.
Liburan di Yogyakarta, Kunjungi Lima Wisata Barunya
Yogyakarta selalu melekat di hati, daya tariknya tak pernah berhenti menghipnotis wisnus dan wisman, banyak yang bilang bikin kangen.
7 Wisata Alam Terbentuk dari Letusan Gunung Berapi
Wisata alam yang terbentuk dari letusan gunung berapi banyak dikagumi wisatawan domestik maupun mancanegara.
0
Mesranya Ahok dan Puput Nastiti Devi di Hari Pernikahan
Beredar foto mesra Ahok dan Puput di hari pernikahan mereka di media sosial.