TNI Kirim Bantuan Generator Oksigen untuk RSUD Wamena

kekurangan atau kelangkaan oksigen dapat saja terjadi karena produksi dari tabung oksigen sudah maksimal
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Unsplash)

Jakarta -Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengirimkan bantuan satu unit generator oksigen untuk RSUD Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua Barat untuk memenuhi pasokan oksigen medis dalam rangka membantu penanganan dan pengendalian Covid-19 di Papua Barat.

Generator oksigen tersebut diterbangkan menggunakan pesawat Hercules C-130 A-1331 dari Skadron Udara 32 Lanud Abdulrachman Saleh Malang Jawa Timur, Rabu, 1 September dan tiba di Kabupaten Jayawijaya, Kamis, 2 September.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang diwakili Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III Mayjen TNI Jeffry A Rahwarin menyerahkan langsung bantuan ini kepada Bupati Wamena John Richard Banua di Kantor Bupati Kabupaten Jayawijaya.

Jeffry mengatakan, pandemi Covid-19 sampai saat ini belum berakhir. Kasus Covid-19 masih banyak, selain banyak kasus, penanganan perawatan pasien sangat memerlukan ketersediaan oksigen yang cukup. Sedangkan ketersediaan oksigen pada masa tertentu mengalami kekurangan stok.

“Pasien Covid-19 dengan status gejala berat membutuhkan ventilator atau alat bantu pernapasan yang dapat mensuplai oksigen ke tubuh mereka. Ini mengandung konsekuensi bahwa kebutuhan oksigen menjadi sangat vital, sehingga kemampuan rumah sakit untuk dapat menyediakan oksigen bagi pasien Covid-19 merupakan suatu prioritas,” kata Jeffry dalam keterangan tertulisnya.

Jeffry menambahkan, dalam mengantisipasi peningkatan kasus Covid-19, dibutuhkan kesiapan fasilitas medis untuk dapat merawat pasien yang membutuhkan alat bantu pernapasan. Ia menilai, metode lama yang mengandalkan pengiriman tabung gas oksigen atau liquid oksigen mungkin tidak akan cukup lagi.

Menurut Jeffry, kekurangan atau kelangkaan oksigen dapat saja terjadi karena produksi dari tabung oksigen sudah maksimal. Sedangkan kebutuhan tabung oksigen masih belum tercukupi.

“Kelangkaan oksigen ini memerlukan langkah pemecahan, generator oksigen adalah solusi tepat bagi rumah sakit untuk dapat memenuhi kebutuhan, karena kemampuan mesin generator oksigen untuk memproduksi oksigen di rumah sakit dapat menjamin oksigen akan terus ada pada saat dibutuhkan oleh pasien,” ujarnya. []


Polda Metro Pastikan Stok Tabung Oksigen Aman

Subholding Gas Bersinergi Beri 50 Tabung Oksigen ke RS UGM

Perusahaan di Kalbar Diduga Timbun Ratusan Tabung Oksigen

Kabar Tabung Oksigen Langka di RS, Menkes Bilang Begini










Berita terkait
Demokrat Nilai KSAD Andika Perkasa Layak Jadi Panglima TNI
Fraksi Partai Demokrat (PD) mendukung KSAD Jenderal Andika Perkasa menjadi calon Panglima TNI menggantikan Hadi Tjahjanto.
Panglima TNI, Kapolri dan TNI Tinjau Vaksinasi di Boyolali
Pelaksanaan vaksinasi ini diinisiasi oleh PT. Pan Brothers yang bekerja sama dengan TNI-Polri serta Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali.
BPOM Izinkan Penggunaan untuk Vaksin Covid-19 Sputnik-V
BPOM memberikan izin penggunaan darat terhadap Vaksin Covid-19 Sputnik-V (produksi Rusia), 24 Agustus 2021
0
TNI Kirim Bantuan Generator Oksigen untuk RSUD Wamena
kekurangan atau kelangkaan oksigen dapat saja terjadi karena produksi dari tabung oksigen sudah maksimal