Tito Karnavian, Dua Perintah untuk Bupati Seluruh Indonesia

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memberi dua perintah kepada bupati seluruh Indonesia, yaitu menangani pandemi dan memulihkan ekonomi sekaligus.
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. (Foto: Tagar/Pusat Penerangan Menteri Dalam Negeri)

Jakarta - Bupati di seluruh Indonesia harus mengerjakan dua tugas sekaligus dalam waktu bersamaan, yaitu menangani pandemi dan memulihkan ekonomi. Dua perintah ini disampaikan Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian.

Mendagri Tito menyampaikan arahannya itu saat menutup Musyawarah nasional V Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia Tahun 2021 dan mengukuhkan Ketua Umum serta Dewan Pengurus asosiasi tersebut untuk masa bakti 2021 - 2026 di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Jumat, 26 Maret 2021.

“Jangan hanya bicara soal recovery ekonomi, karena pandeminya saja belum selesai,” kata Mendagri. 

Mendagri menjelaskan aspek kesehatan dan ekonomi sama pentingnya untuk diselamatkan. Oleh karena itu, ia meminta bupati seluruh Indonesia bekerja keras bersama Pemerintah pusat menangani pandemi Covid-19 dan dampak sosial ekonominya.

“Pandemi itu tetap ditangani, sambil kita terus recovery, itu bukan sesuatu yang gampang, karena both must be saved, dua-duanya harus diamankan, kita tidak bisa menafikan salah satu," ujar Tito.


Tito KarnavianMenteri Dalam Negeri Tito Karnavian berfoto bersama anggota Asosiasi Pemerintah Kabutan Seluruh Indonesia di Jakarta, Jumat, 26 Maret 2021. (Foto: Tagar/Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri)


Pandemi Covid-19 merupakan masalah kesehatan terluas yang pernah ada, melanda hampir seluruh negara di dunia, kata Tito. Tak hanya itu, pandemi Covid-19 juga menimbulkan efek domino yang perlu ditangani secara serius.

“Ini krisis multidimensi, bukan hanya satu masalah, tidak hanya kesehatan, tapi efek dominonya banyak sekali. Kesehatan, kemanusiaan, setelah itu muncul tekanan ekonomi karena pembatasan kegiatan, dan tekanan keuangan, kemudian masalah sosial,” ujar Tito.

Both must be saved, dua-duanya harus diamankan, kita tidak bisa menafikan salah satu.


Sebelumnya, Presiden Joko Widodo membuka Musyawarah Nasional V Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia, mengatakan penanganan pandemi erat kaitannya dengan pemulihan ekonomi wilayah. Keduanya harus berjalan beriringan secara seimbang. 




Berita terkait
Tito Karnavian: Pilkada Serentak 2024 Konsisten Sesuai Undang-undang
Mendagri Tito Karnavian menegaskan, pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024 dilaksanakan konsisten sesuai dengan UU Nomor 10 Tahun 2016.
Tito: Belanja Pemerintah Melonjak, Jangan Sampai Kebobolan
Mendagri Tito Karnavian mengatakan, pandemi membuat pendapatan pemerintah pusat dan daerah terkontraksi sedangkan belanja negara melonjak.
Mendagri Tito Divaksin Covid-19 di RSPAD Gatot Soebroto
Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian, telah disuntik vaksin Covid-19 Rabu, 20 Januari 2021 di Ruang MCU, RSPAD Gatot Soebroto Jakpus.
0
China Tuduh Amerika Politisasi Asal Muasal Virus Corona
China mengecam langkah Amerika Serikat melacak asal muasal virus corona yang disebut China sebagai “mempolitisasi” pelacakan