Tito Karnavian : Cipta Kerja untuk Penyediaan Lapangan Kerja

Mendagri Tito Karnavian mengungkapkan, salah satu alasan pengesahan UU cipta kerja adalah untuk penyediaan lapangan kerja.
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. (Foto:Tagar/Maluku Terkini)

Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengungkapkan, salah satu alasan pengesahan Undang-Undang (UU) cipta kerja adalah untuk penyediaan lapangan kerja. Selain itu, untuk menjawab angka pengangguran di Indonesia yang terus naik dari tahun ke tahun.

Intinya adalah terjadi pengangguran baru di banyak semua negara termasuk Indonesia.

Tito mengaku, dirinya mengikuti dinamika yang terjadi dalam proses penyusunan Undang-Undang Cipta Kerja ini. Bahkan, dalam beberapa rapat kabinet, Mendagri mendengarkan permasalahan mendasar dan sangat penting yang melatarbelakangi perlunya UU Cipta Kerja ini.

Mendagri menjelaskan, sebagai negara dengan penduduk nomor 4 terbesar di dunia, salah satu persoalan yang dihadapi Indonesia adalah masalah lapangan kerja. Angka pengangguran di Indonesia saat ini, kurang lebih mencapai 6,9 juta penduduk, sedangkan setiap tahunnya jumlah angkatan kerja baru terus bertambah sekitar 2,9 juta penduduk.

“Intinya adalah terjadi pengangguran baru di banyak semua negara termasuk Indonesia,” kata Tito dalam Rapat Sosialisasi Sinergitas Pembangunan Pusat dan Daerah.

Tito melanjutkan, “Pandemi global (Covid-19) yang menghantam semua negara di dunia ini juga mengakibatkan terjadinya dampak sosial, bukan hanya dampak kesehatan, tapi juga dampak sosial dan ekonomi”.

Dalam Rapat Virtual pada Selasa, 13 Oktober 2020 itu, Eks Kapolri mengundang Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia. Undangan Tito kali ini, dalam rangka menyosialisasikan UU Cipta Kerja.

Dirinya memahami, akan ada beragam pandangan yang dikemukakan banyak pihak. Namun, forum rapat bersama Ketua DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota serta pengurus asosiasinya merupakan momentum tepat untuk melakukan sosialisasi secara utuh. “Rekan-rekan juga bisa sharing memahami hal-hal yang pokok mengenai (UU tentang Cipta Kerja) ini,” kata Tito. []

Berita terkait
Tito Karnavian: PP Cipta Kerja Rampung Bulan Depan
Mendagri Tito Karnavian mengatakan, aturan turunan UU Cipta Kerja selesai paling lambat November 2020 untuk mempermudah usaha masyarakat.
Tito Karnavian: Hindari Minum Es di Masa Pandemi
Mendagri Tito Karnavian, menganjurkan masyarakat untuk menghindari minum air dingin karena bisa menyebabkan virus bertahan lama.
Tito Karnavian: Kampanye Hitam Tindakan Pidana
Mendagri Tito Karnavian mengatakan, Kampanye Hitam tidak boleh dilakukan karena merupakan Tindakan Pidana
0
DPR RI: Indonesia Tak Dapat Kuota Haji 2021
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan Indonesia tidak mendapat kuota haji 2021 dari Pemerintah Arab Saudi.