Tips Mengelola Keuangan untuk Mahasiswa

Berinvestasi ketika masih muda adalah salah satu cara terbaik untuk membangun uang dari waktu ke waktu.
Mahasiswa (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Sebagai mahasiswa, mungkin kamu masih berfokus pada belajar dan mendapatkan hasil yang baik. Di perguruan tinggi juga bisa menjadi kesempatan untuk mengembangkan keterampilan pengelolaan uang yang dapat membantumu sukses finansial, meskipun sudah lulus.

Kamu mungkin hidup sendiri untuk pertama kalinya dan jauh dari orang tua. Menyiapkan beberapa keuangan yang baik dapat meringankan tekanan keuangan mahasiswa dan membantumu meninggalkan perguruan tinggi dengan kondisi keuangan yang lebih stabil. 

Berikut beberapa tips pengelolaan uang yang bisa membantumu lebih berhemat baik selama dan setelah kuliah.


Menyiapkan Anggaran Dasar

Penganggaran mungkin terdengar rumit, tapi membuat anggaran hanyalah mencari tahu berapa banyak yang masuk dan keluar dengan sederhana serta memastikan tidak melebihi penghasilan setiap bulannya. 

Untuk memulainya, catat setiap sumber pendapatan, baik dari keluarga atau pekerjaan. Selanjutnya, kamu bisa mencatat biaya pengeluaran setiap bulan, seperti transportasi, makan, dan untuk kos jika kamu merantau. Kamu bisa menulis pengeluaran untuk setiap kategori agar lebih mudah.


Membuka Rekening Tabungan

Mungkin kamu berpikir tidak memiliki cukup uang untuk menabung. Namun, sekecil apa pun jumlahnya dan konsisten setiap bulan akan bertambah. Terlebih lagi, rajin menghemat uang setiap bulan bisa menumbuhkan kebiasaan menabung lebih banyak dan bisa juga untuk pensiun.


Mulai Belajar Memasak

Jika kamu mempunyai skill memasak, mungkin bisa jadi bahan pertimbangan memasak sendiri daripada makan di luar. Ini bisa menjadi penghemat biaya yang utama.


Dana Darurat

Memulai dana darurat atau dana tabungan cadangan adalah bagian penting dari keuangan yang sehat dan jangka panjang. Hidup tidak bisa diprediksi dan dana darurat berfungsi sebagai jarring pengaman yang bisa menyelamatkanmu saat menghadapi biaya tidak terduga. Memiliki dana darurat juga dapat menjagamu dari keharusan mengandalkan kartu kredit.

Berapa banyak yang harus kamu sisihkan setiap bulan bisa tergantung situasi keuanganmu. Kuncinya adalah mulai menyimpan berapapun jumlahnya setiap bulan.


Mulai Berinvestasi

Berinvestasi ketika masih muda adalah salah satu cara terbaik untuk membangun uang dari waktu ke waktu. Semakin awal kamu berinvestasi, semakin banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan. 

Perlu diingat bahwa setiap investasi memiliki beberapa tingkat risiko karena pasar selalu bergerak naik dan turun dari waktu ke waktu.[]


(Retno Ayuningrum)

Baca Juga:

Berita terkait
Inilah Investasi yang Cocok untuk Pelajar atau Mahasiswa
Investasi merupakan tabungan yang akan dipetik di kemudian hari. Kebiasaan investasi ini hendaknya dilakukan sejak masih muda.
Ide Bisnis Online untuk Mahasiswa
Kamu dapat membuat bisnis online apa pun yang dapat Kamu pikirkan, selama Kamu memahami keterampilan dirimu
6 Cara Mengelola Keuangan untuk Mahasiswa Merantau
Jauh dari rumah dan hanya bermodal uang saku dari orang tua terasa sangat menakutkan.
0
Tips Mengelola Keuangan untuk Mahasiswa
Berinvestasi ketika masih muda adalah salah satu cara terbaik untuk membangun uang dari waktu ke waktu.