3 Tantangan Keuangan yang Harus Kamu Pahami

Tabungan pensiun bisa sangat penting jika kamu ingin berada di situasi finansial yang bebas di masa depan.
Ilustrasi foto uang (Foto: Tagar/Pexels/Karolina Grabowska)

Jakarta - Hanya beberapa orang yang menjalani hidup tanpa mengalami tantangan keuangan. Banyak dari kita menghadapi perjuangan keuangan saat kita bekerja untuk membangun keamanan finansial. 

Banyak tantangan keuangan bisa diselesaikan dengan membuat penilaian yang jujur terhadap situasi, mempelajari beberapa dasar keuangan pribadi, dan membuat perubahan bertahap pada pengeluaran serta kebiasaan menabung.

Tindakan kecil tidak hanya tidak hanya bisa membantu merasa lebih baik, tetapi juga memegang kendali dan membuat perubahan besar dari waktu ke waktu. 

Di bawah ini adalah lima tantangan keuangan yang biasa dihadapi dan beberapa strategi sederhana yang bisa membantumu mengatasinya.


Pengeluaran Bulanan Melebihi Pendapatan

Banyak orang berjuang dengan fakta pengeluaran bulanan mereka melampaui pemasukan bulanan. Ketidakseimbangan dapat menyebabkanmu mengandalkan kartu kredit sehingga tidak mungkin untuk menabung.

Untuk membantu keuangan seimbang, kamu harus mengatur anggaran dasar. Cara memulai yang baik adalah menghitung pendapatan bulanan rata-rata dan pengeluaran rata-rata. Kamu bisa merinci pengeluaran berdasarkan kategori. Hal ini bisa membantumu mengetahui biaya pengeluaran selama sebulan.

Setelah mengetahui ke mana uang-uangmu keluar setiap bulan, kamu bisa melihat anggaran secara kritis dan mencari di mana kamu bisa menguranginya. Misalnya, kamu mungkin memutuskan untuk jarang makan di luar atau mengurangi layanan streaming.


Tidak Mempunyai Dana Darurat

Hidup tidak bisa diprediksi dan tidak mengetahui peristiwa tak terduga lainnya, seperti hilangnya pekerjaan, kerusakan mobil, atau sakit yang tiba-tiba. Peristiwa-peristiwa tidak terduga itu dapat menempatkan ke dalam lubang jika tidak mempunyai tabungan darurat. 

Untuk memulai dana darurat, kamu bisa mempertimbangkan sebagian dari anggaran bulanan untuk dana darurat. Setiap kontribusi sejuta per bulan dapat bertambah dengan cepat dan membuat dana yang berguna ketika peristiwa tidak diinginkan terjadi.


Tidak Cukup Menabung untuk Pensiun

Tabungan pensiun bisa sangat penting jika kamu ingin berada di situasi finansial yang bebas di masa depan. Jauh lebih mudah untuk mulai menabung dan berinvestasi lebih awal.[]


(Retno Ayuningrum)

Baca Juga:

Berita terkait
Tips Atur Keuangan Milenial dengan Teknologi Digital
Berikut adalah empat tips mengatur keuangan untuk milenial dengan memanfaatkan teknologi digital.
Tips Memperbaiki Kondisi Keuangan yang Sedang Kacau
Sifat manusia yang tidak pernah ada puasnya menjadi salah satu faktor utama kondisi keuangan kacau.
Ini Cara Mendidik Anak dalam Mengatur Keuangan Sejak Dini
Agar ketika besar nanti mereka terbiasa mengelola keuangan mereka dengan baik. Berikut ini ada tips mendidik literasi keuangan anak.
0
3 Tantangan Keuangan yang Harus Kamu Pahami
Tabungan pensiun bisa sangat penting jika kamu ingin berada di situasi finansial yang bebas di masa depan.