Tips Kembangkan Usaha Sampai Mancanegara

Tidak hanya pasar lokal yang menjadi target melainkan juga sampai pasar internasional atau dengan istilah kerennya ‘go international’.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Seorang pebisnis harus memiliki impian untuk mengembangkan bisnisnya lebih besar lagi. Tidak hanya pasar lokal yang menjadi target melainkan juga sampai pasar internasional atau dengan istilah kerennya ‘go international’.

Bukan cuma artis yang memiliki cita-cita untuk go international, para pebisnis juga. Sebelum memulai, pahami resiko investasi saat Anda sudah mengarahkan pasar ke mancanegara. Resiko akan selalu ada tapi resiko juga bisa diminimalisir dengan manajemen resiko.

Salah satu manajemen resiko yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan hal-hal yang bisa mengurangi resiko seperti beberapa trik untuk mengembangkan usaha Anda seperti di bawah ini;


Pelajari karakter penduduk

Mempelajari karakter, kebudayaan, termasuk pendidikan penduduk negara yang akan dituju adalah hal penting yang harus dilakukan.

Dengan ini, Anda dapat memetakan pasar serta potensi yang bisa Anda maksimalkan. Anda harus bisa memastikan bahwa produk yang akan dijual ke negara tersebut apakah akan diminati dari sisi karakter, budaya dan pendidikan negara tersebut. Terkadang, memodifikasi produk juga diperlukan agar dapat diterima pasar.


Tingkatkan kualitas produk

Kualitas merupakan faktor penentu dari sebuah produk akan laku di pasar internasional atau tidak. Di pasar internasional, konsumen tidak akan terlalu peduli dengan harga jika kualitas yang diberikan memang tinggi.

Berbeda dengan pasar di Indonesia dimana harga murah masih lebih dominan walau kualitas yang diberikan rendah. Jadi, terus tingkatkan kualitas hingga mencapai standar internasional.


Lakukan penelitian

Kunci untuk berhasil dalam mengembangkan pasar baru apalagi pasar mancanegara adalah memastikan produk akan dapat diterima dengan baik.

Hal itu dapat terjadi ketika Anda melakukan penelitian terhadap produk, pesaing serta pasar dimana produk akan dipasarkan.

Ada banyak hal yang berkaitan dengan penelitian hingga membuat Anda yakin bahwa produk akan diterima dengan baik di pasar mancanegara.


Membangun keterampilan internasional

Tentu, karena Anda ingin go international, maka yang Anda harus mempersiapkan orang-orang yang memiliki keterampilan internasional baik dari sisi bahasa, negosiasi maupun hal lain termasuk marketing.

Anda bisa memanfaatkan orang-orang di negara dimana produk akan dipasarkan atau tetap bersama tim Anda yang terdiri dari orang-orang lokal namun mereka dilatih dengan bahasa dan keterampilan internasional lainnya.

Dari beberapa tips di atas, tentunya saat ini wawasan Anda tentang resiko investasi dari bisnis yang go international sudah Anda dapatkan sehingga Anda harus mencari solusi untuk mengurangi resiko bisnis tersebut.

Selalu berjalan dengan para ahlinya sehingga Anda akan mendapatkan banyak ilmu tentang pasar mancanegara.[]


(Erlangga)

Baca Juga:

Berita terkait
Ini Dia Tips Berbisnis Tanpa Meninggalkan Pekerjaan
Belajar untuk mendalami kedua peran berbeda Anda dengan baik dimana satu peran Anda harus menjadi seorang pegawai kantor
3 Solusi Saat Kekurangan Uang Tunai
Perlu dicatata jika ini masalah yang konsisten, kamu perlu memeriksa anggaran dan penghasilanmu.
3 Tips Menemukan Perencanaan Keuangan yang Tepat
Bertemu dan berkonsultasi dengan seorang professional yang bersertifikat dapat membantumu mencapai tujuan keuangan dengan lebih baik.
0
Tips Kembangkan Usaha Sampai Mancanegara
Tidak hanya pasar lokal yang menjadi target melainkan juga sampai pasar internasional atau dengan istilah kerennya ‘go international’.