Ini Dia Tips Berbisnis Tanpa Meninggalkan Pekerjaan

Belajar untuk mendalami kedua peran berbeda Anda dengan baik dimana satu peran Anda harus menjadi seorang pegawai kantor
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Saat ini perkembangan jaman sudah semakin modern dan juga maju sehingga harga kebutuhan pokok manusia termasuk juga kebutuhan lainnya semakin meningkat.

Meskipun Anda adalah seorang karyawan yang terikat kontrak dengan perusahaan, Anda pun bisa melakukan bisnis dengan mudah tanpa perlu meninggalkan pekerjaan utama. 

Sebelum meminjam dana dari bank termasuk membayar suku bunga KTA yang memamg mempunyai nilai sangat tinggi, Anda harus memastikan jika benar-benar siap untuk melangkah masuk menuju dunia bisnis yang terkenal keras bagi orang baru yang belum berpengalaman dalam berbisnia baik kecil maupun besar.

Sebenarnya semua pekerja memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi sukses namun tak banyak yang berani dalam mengambil kesempatan yang belum tentu datang untuk kedua kalinya. 

Dengan menggunakan skill atau kemampuan yang dimiliki, maka setiap pekerja mampu menjadi seorang pengusaha sukses di sela-sela kesibukannya menjadi karyawan yang memiliki pekerjaan utama.

Cobalah untuk mengubah sudut pandang Anda. Hingga saat ini masih banyak ditemukan para pelaku bisnis yang masih menganggap jika kedudukannya sebagai seorang pegawai merupakan batu pengganjal yang akan menghambat perkembangan usaha yang dijalankan. 

Tentunya ini bisa dikatakan sebagai perspektif yang keliru dan harus diubah karena posisi Anda sebagai seorang karyawan justru mampu membiayai perkembangan bisnis sampingan yang Anda lakukan.

Tidak banyak yang berani mengambil keputusan tersebut karena memiliki banyak sekali pertimbangan atau bahkan ketakutan yang sering muncul dan hinggap di benak seorang pegawai yang akan menjadi calon pengusaha baru sehingga tak sedikit yang lebih memilih untuk tidak menuangkan idenya sebagai bentuk usaha ataupun bisnis.

Oleh sebab itu, sebelum benar-benar menjalankan bisnis dengan matang, maka selalu cobalah untuk mempertahankan posisi sebagai pegawai hingga nantinya Anda akan fokus menuju bisnis seutuhnya jika memang usaha yang Anda jalankan ini akan berkembang dengan baik. Sebuah bisnis memiliki keuangan yang belum tentu stabil setiap hari atau setiap bulannya.

Akan lebih baik jika Anda bisa membedakan mana uang yang digunakan untuk usaha dan mana uang yang merupakan gaji atau upah Anda bekerja yang diterima setiap bulannya. Dengan mengetahui hal itu, maka semua kegiatan yang berkaitan dengan uang seperti aset usaha, pengeluaran, pemasukan dan sebagainya akan tercatat dan tersusun dengan rapi.

Belajar untuk mendalami kedua peran berbeda Anda dengan baik dimana satu peran Anda harus menjadi seorang pegawai kantor yang memiliki berbagai macam tanggung jawab dengan menjaga nama baik perusahaan dan satu sisi Anda harus menjadi seroang boss yang memiliki tanggung jawab akan usaha yang dimiliki.[]


(Erlangga)

Baca Juga:

Berita terkait
Simak Yuk, Apa Saja Hak dan Kewajiban Karyawan
Hal ini penting untuk diketahui bukan hanya untuk calon karyawan, namun bagi karyawan yang sudah lama bekerja.
Garuda Indonesia PHK 2 Ribuan Karyawan Selama Pandemi
Lini bisnis kargo udara menjadi salah satu penopang penting pendapatan usaha Garuda.
Perlukan Karyawan Perusahaan Memerlukan Asuransi Unit Link?
Saat ini pemerintah telah mewajibkan setiap perusahaan memberikan BPJS Ketenagakerjaan (BPJS TK) serta BPJS Kesehatan bagi karyawannya.
0
Ini Dia Tips Berbisnis Tanpa Meninggalkan Pekerjaan
Belajar untuk mendalami kedua peran berbeda Anda dengan baik dimana satu peran Anda harus menjadi seorang pegawai kantor