UNTUK INDONESIA

Tips dan Panduan Memilih Pakaian dari Tone Warna Kulit

Tagar akan memberikan tips dan panduan mengenai beberapa warna pakaian yang cocok untuk tone kulit tertentu.
Ilustrasi pakaian sesuai warna kulit. (Foto: Freepik)

Jakarta - Pernahkah kamu merasa tidak percaya diri tentang penampilanmu karena warna pakaian yang dikenakan? Mungkin hal itu menjadi salah satu faktor bahwa sebenarnya memang ada warna-warna tertentu yang diciptakan cocok dan pas untuk jenis tone kulit orang-orang.

Hal ini yang kadang membuat kita merasa baju dengan warna tertentu tidak cocok untuk dikenakan.

Agar kamu tidak lagi mengalami rasa tidak percaya diri seperti itu, Tagar akan memberikan tips dan panduan mengenai beberapa warna pakaian yang cocok untuk tone kulit tertentu.

Ini bukan berarti sebuah peraturan yang harus kamu patuhi. Artikel ini hanya bertugas untuk membantu mencari tahu warna pakaian yang cocok untuk kulitmu.

Jika menyukai warna yang bukan menjadi pasangan dari tone kulitmu, itu tidak menjadi masalah dan bukan berarti kamu harus berhenti memakainya.

Sebelum sampai ke tahap pemilihan warna pakaian, penting untuk mengetahui tone kulitmu terlebih dahulu. Melansir dari laman The List, terdapat beberapa cara untuk mencari tahu tone kulitmu.

Warm ToneIlustrasi warm tone. (Foto: The List)

Cara paling sederhana adalah dengan menggunakan selembar kertas putih polos. Dekatkan kertas ke wajahmu dan bandingkan dengan kontrasnya tampilan kulit. Jika kulitmu terlihat kekuningan, kehijauan, atau cokelat muda, kemungkinan besar kamu memiliki tone kulit warm (hangat).

Jika kulitmu terlihat merah muda, kemerahan, atau biru, berarti kamu memiliki tone kulit cool (dingin). Jika kulitmu tampak abu-abu atau pucat, berarti tone kulitmu adalah netral.

Apabila kamu memiliki kondisi kulit seperti jerawat, rosacea, atau sedang sangat tan (kecoklatan), mintalah bantuan untuk menggunakan tes kertas pada lipatan di belakang telinga. Ini dikarenakan area tersebut cenderung tidak terpengaruh oleh masalah-masalah tadi.

Cool ToneIlustrasi cool tone. (Foto: The List)

Cara lainnya adalah dengan melakukan tes lewat warna urat nadi di pergelangan tangan. Jika pembuluh darah terlihat biru atau ungu, kamu memiliki tone kulit cool. Jika tampak hijau, berarti kamu memiliki tone kulit warm. Apabila sulit untuk membedakan warnanya, maka kamu memiliki tone kulit netral.

Cara terakhir adalah dengan memperhatikan reaksi kulit pada matahari. Orang dengan reaksi kulit berwarna cokelat biasanya memiliki tone kulit warm.

Orang dengan reaksi kulit terbakar seperti kemerahan biasanya memiliki tone kulit cool. Orang yang netral dapat termasuk ke dalam salah satu kelompok.

Neutral ToneIlustrasi neutral tone. (Foto: The List)

Setelah selesai mengecek tone kulitmu, kini waktunya untuk mencari tahu warna pakaian yang cocok. Jika kamu memiliki tone kulit warm, pilihan warna yang tepat adalah merah, peach, coral, oranye, kuning, emas, dan amber.

Ada juga versi lebih hangat dari warna cool yang akan cocok untukmu yaitu olive, hijau moss, orchid, dan merah-violet. Terakhir warna netral terbaik untukmu adalah taupe, cappucino, cream, dan amethyst.

Berikutnya untuk tone kulit cool. Warna terbaik untukmu adalah biru terang, emerald, ungu tua, lavender, ice blue, dan pink.

Beberapa warna hangat seperti ruby, bright rosy red, atau kuning pucat juga akan cocok untukmu. Untuk warna netral, yang akan cocok untukmu antara lain abu-abu dingin, putih cerah, dan navy.

Terakhir adalah untuk mereka yang memiliki tone kulit netral. Bagi kamu yang merasa kulitnya berada di titik netral, berbahagialah karena bisa cocok dengan warna apa pun.

Namun, terdapat beberapa warna terbaik untukmu seperti dusty pink, jade green, kuning cornsilk, biru lagoon, off white, coffee, mid range grey, dan hitam.

Selain itu, kamu jangan pernah takut untuk memakai warna merah yang cerah karena ini akan membuatmu terlihat sangat menawan. []

(Okky Pratiwi)

Berita terkait
6 Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit
Berikut Tagar rangkumkan sejumlah manfaat baik teh hijau bagi kesehatan dan kecantikan kulit.
Lima Gaya Outfit Tahun Baru 2021 ala Girlband K-Pop Itzy
Berikut Tagar rangkumkan lima outfit casual tapi tetap oke ala girlband Korea Itzy untuk malam tahun barumu.
Prediksi Lima Tren Gaya Fashion di 2021
Berikut Tagar rangkumkan daftar gaya fashion yang diprediksi akan menjadi tren di tahun 2021 mendatang.
0
Tips dan Panduan Memilih Pakaian dari Tone Warna Kulit
Tagar akan memberikan tips dan panduan mengenai beberapa warna pakaian yang cocok untuk tone kulit tertentu.