UNTUK INDONESIA

10 Tips Sederhana Bikin Kulit Makin Glowing

Berikut Tagar rangkumkan 10 tips sederhana untuk membuat kulit kamu menjadi bersinar alias glowing.
Ilustrasi kulit glowing alias bersinar. (Foto: Freepik)

Jakarta - Kulit merupakan bagian terluar dari tubuh yang dapat dilihat oleh siapa saja. Hampir semua orang pasti menginginkan kulit bercahaya yang tampak sehat.

Tenang saja, kamu tidak perlu produk-produk mahal untuk tampil glowing. Laman Healthline mencatat, ada beberapa cara sederhana untuk membuat kulit jadi glowing alias bersinar.

Berikut Tagar rangkumkan 10 tips sederhana untuk membuat kulit kamu menjadi bersinar alias glowing:

Wajah Tanpa JerawatIlustrasi wajah tanpa bekas jerawat. (Foto: Freepik)

1. Menyembuhkan Kulit dengan Minyak Kelapa Murni

Minyak kelapa memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan, dan penyembuhan. Penelitian juga menunjukkan bahwa minyak kelapa adalah pelembap yang baik. Kamu bisa menggunakan minyak ini untuk menghapus riasan atau sebagai penenang kulit.

Namun, minyak kelapa mungkin tidak akan selalu bekerja dengan baik di semua jenis kulit. Jadi, disarankan untuk jangan gunakan jika kamu memiliki alergi terhadap kelapa.

2. Lidah Buaya untuk Menjaga Kulit Tetap Kuat dan Sehat

Lidah buaya memiliki khasiat sebagai penyembuh dan dapat merangsang pertumbuhan sel baru. Ini juga menenangkan dan melembabkan tanpa menyumbat pori-pori. Menggunakan lidah buaya setelah mencuci muka setiap hari dapat membuat kulitmu bersinar sehat.

Namun, harus diperhatikan apakah kamu memiliki alergi terhadap lidah buaya atau tidak. Untuk mencobanya, kamu bisa menguji terlebih dahulu dengan mengoleskan sedikit pada lengan bawah atau belakang telinga.

Jika dalam kurun waktu 24 jam tidak ada reaksi buruk, berarti itu aman untuk digunakan.

3. Lembapkan Kulit dengan Benar Setelah Mencuci Muka

Lembapkan kulitmu dengan produk yang dapat mengunci kelembapan, mempercepat penyembuhan, dan memiliki sifat antioksidan untuk membuatnya tampak bercahaya dan awet muda. Jangan eksfoliasi kulit saat terasa kering.

Selain itu, jangan melewatkan pelembap hanya karena wajahmu terasa berminyak.

4. Pakai Tabir Surya Setiap Hari

Mengenakan tabir surya dengan SPF 15 atau lebih dapat mencegah kanker kulit. Menjaga kulitmu terlindung dari sinar UV yang berbahaya juga mencegah proses penuaan kulit.

Pastikan untuk mengaplikasikan produk dengan tabir surya setiap pagi, bahkan pada saat hujan atau langit mendung.

5. Atur Waktu yang Tepat untuk Mencuci Wajah

Mencuci wajah terlalu sering dapat mengurangi kelembapan pada kulit yang akhirnya akan menjadi kering. Maka disarankan untuk mencuci wajah setelah berkeringat, di pagi hari, dan sebelum tidur.

WajahIlustrasi membasuh wajah menggunakan air. (Foto:Tagar/Freepik.com)

6. Hindari Merokok dan Asap Rokok Orang Lain

Saat kulit Anda terpapar asap rokok, wajah akan terlapisi dengan segala jenis racun kimiawi. Ini meningkatkan stres oksidatif di sel kulit. Dikarenakan hal tersebut, kulit jadi menua sebelum waktunya.

7. Minum Lebih Banyak Air

Kulit terdiri dari sel-sel yang membutuhkan air agar berfungsi dengan baik. Sebuah penelitian tahun 2015 menyimpulkan dengan minum banyak air (sesuai anjuran), akan menghasilkan kulit yang lebih sehat.

8. Makanan untuk Menutrisi Kulit

Makan makanan yang kaya buah dan sayuran akan meningkatkan vitamin dan antioksidan dalam tubuh.

Menurut Mayo Clinic, mengonsumsi lemak sehat seperti minyak ikan dan menjauhi makanan olahan dengan banyak pengawet memiliki hubungan langsung dengan kulit yang tampak lebih sehat.

9. Konsumsi Probiotik

Suplemen probiotik dapat meningkatkan sistem kekebalan, menyehatkan saluran pencernaan, serta mengurangi kembung dan peradangan di saluran pencernaan.

Menurut sebuah studi tahun 2014, probiotik dapat berkontribusi pada kesehatan rambut dan kulit yang tampak bercahaya.

10. Persingkat Waktu Mandi

Uap dan panas dapat membuka pori-pori dan membantumu membuang racun. Namun, mandi dengan air panas selama lebih dari beberapa menit sekaligus dapat menghilangkan minyak dari kulitmu. Ini membuatnya tampak lelah dan kusam.

Cobalah untuk meminimalkan paparan kulit terhadap air yang sangat panas. Kamu juga dapat mendinginkan suhu di bagian akhir mandi untuk meningkatkan sirkulasi, yang dapat membuat wajah tampak lebih kencang dan awet muda.

Sebagai manfaat tambahan, ini bahkan dapat meningkatkan sistem kekebalan. []

(Okky Pratiwi)

Berita terkait
6 Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit
Berikut Tagar rangkumkan sejumlah manfaat baik teh hijau bagi kesehatan dan kecantikan kulit.
11 Tips Makeup untuk Kulit Wajah Kering
Mengutip informasi dari sejumlah sumber, berikut Tagar rangkumkan beberapa tips makeup untuk kulit yang kering.
9 Manfaat Masker Yogurt untuk Kecantikan Kulit Wajah
Berikut Tagar rangkumkan 9 manfaat masker yogurt untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah.
0
Begini Kata Mahfud MD Soal Isu Kudeta Partai Demokrat
Mahfud MD mengaku kaget mendengar isu pengambilan alih tampuk kekuasaan partai Demokrat dari AHY melalui KLB oleh orang di lingkaran Jokowi.