UNTUK INDONESIA
Tips Ampuh Mencegah Pori-pori Wajah Menjadi Besar
Memiliki pori-pori tentu mengganggu sebagian orang khususnya wanita. Sebelum terjadi, berikut cara mudah mencegah pori-pori tidak membesar.
Ilustrasi pori-pori kulit besar. (Foto: skinkraft.com)

Jakarta - Tak sedikit orang khususnya kaum hawa yang merasa terganggu dan percaya dirinya menurun lantaran memiliki pori-pori yang besar pada kulitnya. Namun, sebelum masalah kecantikan ini terjadi, tentunya ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk mencegah pori-pori tidak terlihat besar.

Dokter estetika Yuce Yuanita mengatakan cara pertama untuk mencegah pori-pori tidak menjadi besar yakni dengan mencegah produksi sebum (minyak) yang berlebih. "Dengan cara, mengatur pola makan, menggunakan jenis perawatan yang sesuai, dan juga menggunakan sunblock," katanya melalui channel YouTube Ruang Dokter, seperti dikutip Tagar, Senin, 10 Agustus 2020.

Cara selanjutnya agar pori-pori tidak menjadi besar, Anda bisa mencegahnya dengan rajin membersihkan wajah atau makeup. Terlebih setelah melakukan aktivitas selama seharian penuh, cara ini tentu penting untuk dilakukan.

Kata dokter Yuce, teliti dalam memilih produk perawatan kecantikan juga tidak boleh diabaikan. "Pilihlah produk-produk kosmetik yang bersifat non-comedogenic," ucap dia.

Selain itu, cobalah untuk eksfoliasi atau scrubbing kulit wajah setidaknya dua minggu sekali. Namun, pilihlah jenis scrub yang sesuai dengan kulit Anda. Kemudian, Anda juga bisa Menggunakan masker yang sesuai dengan jenis kulit secara rutin agar pori-pori tidak membesar. 

"Biasanya orang menggunakan masker yang berasal dari lumpur," ujar dokter Yuce.

Terakhir, Anda bisa mencegah agar pori-pori tidak menjadi besar dengan melakukan perawatan rutin di klinik. "Perawatan yang dianjurkan seperti peeling ataupun melakukan tindakan laser. Laser yang disarankan adalah laser fractional, atau bisa juga laser acure," tutur dr. Yuce.

Menurut dia, pori-pori yang besar tidak akan mengganggu kesehatan. Tetapi, kondisi tersebut tentu bisa mempengaruhi kepercayaan diri seseorang khususnya kaum hawa.

Penyebab Pori-Pori Menjadi Besar

  • Faktor Genetik
  • Produksi Sebum (Minyak) yang Banyak
  • Makeup
  • Kebiasaan Tidak Membersihkan Makeup
  • Paparan Sinar Ultraviolet
  • Faktor Usia
  • Konsumsi Makanan Berlebihan
  • Ekstraksi Komedo yang Salah

Baca Juga:

Berita terkait
Kesalahan dalam Merawat Kulit Sendiri di Rumah
Tak jarang orang melakukan kesalahan saat merawat kulit sendiri di rumah, nyatanya ini bisa memicu masalah kulit baru. Berikut penjelasannya.
Cara Mudah Mengatasi Stretch Mark Pasca Melahirkan
Stretch mark yang muncul usai melahirkan kerap dikeluhkan kaum hawa. Berikut ini bahan alami yang ampuh untuk mengatasinya.
Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi Bibir Hitam
Bibir gelap atau hitam menjadi masalah yang mengganggu penampilan setiap orang khususnya bagi kaum hawa. Berikut penyebab dan cara mengatasinya.
0
Tips Ampuh Mencegah Pori-pori Wajah Menjadi Besar
Memiliki pori-pori tentu mengganggu sebagian orang khususnya wanita. Sebelum terjadi, berikut cara mudah mencegah pori-pori tidak membesar.