UNTUK INDONESIA

Tips Agar Tetap Sehat Saat Berada di Pesawat

Cara menjaga agar tetap sehat saat berada di pesawat pada masa pandemi covid-19.
Ilustrasi seorang pramugari memberikan masker saat berada di dalam pesawat. (Foto: Tagar/marketwatch.com)

Jakarta – Sejak wabah virus Corona, pergi berlibur menjadi hal yang membuat kita waspada. Pasalnya bepergian menggunakan transportasi publik khususnya pesawat cukup berisiko di tengah pandemi seperti ini. Penularan bisa terjadi di mana saja, terutama di tempat berkumpulnya banyak orang, begitupun di dalam pesawat.

Peraturan maskapai penerbangan mengenai pemeriksaan suhu, pemakaian masker, dan jarak sosial tentu membantu menghindari penularan virus yang ada. Tetapi akan lebih baik jika kita mengambil tindakan proaktif untuk melindungi kesehatan dan keselamatan diri sendiri saat melakukan penerbangan.

Berikut beberapa tips yang dilansir Tagar dari Milion Miles Secrets. Lakukan hal berikut agar tetap sehat dan terhindar dari virus dan penyakit saat berada di pesawat:

1. Kenakan masker selama melakukan perjalanan

Memakai masker kini menjadi hal wajib saat pergi meninggalkan rumah. Sebagian besar bandara dan maskapai penerbangan telah mewajibkan penggunaan masker. Selama berada di bandara dan saat melakukan penerbangan, pastikan tetap menggunakan masker guna mencegah risiko penularan virus yang ada.

2. Istirahat yang cukup

Salah satu hal terpenting yang dapat dilakukan untuk tetap sehat selama penerbangan adalah istirahat yang cukup. Pastikan sebelum keberangkatan, Anda sudah mengimbangi waktu bekerja dengan istirahat yang cukup. Hal ini perlu diperhatikan paling tidak dua atau tiga pekan sebelum perjalanan jauh. Terutama bagi Anda yang seringkali begadang, lebih baik menggantinya dengan tidur teratur dengan jumlah waktu tidur 6 hingga 8 jam per hari.

3. Konsumsi makanan sehat

Seperti halnya tidur, makan juga akan berdampak besar pada sistem kekebalan tubuh. Pastikan mengonsumsi makanan sehat dibanding dengan makanan yang berminyak dan banyak gula. Perbanyak protein, sayuran, dan vitamin untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

4. Minum air secukupnya

Kekurangan air putih menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi selama perjalanan yang dapat menyebabkan badan lemas, sulit berkonsentrasi, dan munculnya sakit kepala. Solusinya, perbanyaklah minum air putih supaya racun yang ada di dalam tubuh bisa luntur dan membuat kulit menjadi lebih sehat.

Cobalah minum setidaknya delapan ons air setiap satu jam penerbangan. Ini penting karena peningkatan kecepatan dehidrasi selama penerbangan. Dan bawalah botol minum sendiri yang dapat digunakan kembali mempermudah perjalanan.

5. Berolahraga secara teratur

Hanya mengonsumsi makanan sehat, dirasa tidak akan maksimal untuk menutup “celah” masuknya kuman ke badan. Berolahraga secara teratur juga menjadi hal yang dianjurkan oleh Sexton. Sebab, berolahraga tidak hanya memberikan energi, tapi juga membantu tubuh untuk melawan penyakit. Waktu terbaik untuk berolahraga adalah di pagi hari. Jadi, aktivitas sehari-hari kemudian tidak akan terganggu.

6. Bawalah hand sanitizer dan tisu basah

Dikutip dari Forbes, benda terkotor yang ada di pesawat adalah baki kuris belakang pesawat.. Bahkan jumlahnya 8 kali lebih banyak dari tombol siram (flush) toilet, yaitu sebanyak 2.155 bakteri per inci persegi.

Meskipun staf maskapai sudah melakukan pembersihan cepat kabin. Tetapi karena keterbatasan waktu, mereka tidak sempat untuk mengelap setiap baki yang ada, karena itu disarankan agar setiap penumpang membawa sebotol kecil hand sanitizer untuk membersihkan tangan, dan tisu basah juga diperlukan untuk mengelap meja nampan, gesper sabuk pengaman, dan permukaan lain yang sering disentuh.

7. Hindari makanan rendah garam sebelum penerbangan

Tahukah Anda bahwa terlalu banyak mengkonsumsi garam akan menyebabkan volume gas di dalam tubuh meningkat, sehingga perut terasa kembung dan nyeri? Well, untuk menghindari keluhan tersebut, sebaiknya Anda memperbaiki pilihan makanan Anda dengan mengkonsumsi makanan ringan rendah garam, seperti sayuran atau buah-buahan segar. Dijamin, perjalanan Anda akan terasa semakin menyenangkan, dan sehat tentunya!

8. Hindari flu dengan mengonsumsi jeruk dan lemon

Tempat umum seperti di bandara memiliki fasilitas publik yang tidak luput dari bakteri yang dapat menimbulkan penyakit-penyakit seperti diare, flu, atau batuk. 

Maka, sebelum berpergian, ada baiknya Anda meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk menahan segala bakteri yang akan masuk ke dalam tubuh Anda dengan mengkonsumsi vitamin C yang terkandung di dalam buah jeruk atau multivitamin yang banyak dijual di toko obat-obatan di sekitar bandara. 

Untuk menghindari dehidrasi, campur air lemon dan air putih yang mengantuk antibakteri untuk meringankan rasa lelah dan sakit tenggorokan. (Viona Bono Valvinka)

Berita terkait
Cara Menjaga Badan Tetap Sehat Saat Mendaki Gunung
Era new normal sekarang ini, sejumlah gunung di Indonesia sudah membuka jalur pendakiannya. Berikut cara menjaga badan tetap sehat selama mendaki.
6 Tips Jitu Tetap Aktif dan Sehat Bagi Pekerja Shift Malam
Bekerja pada shift malam bisa memicu gangguan kesehatan. Namun, beberapa tips jitu ini bisa menjaga tubuh tetap aktif dan sehat.
Tidak Hanya Vaksin, 5 Tips Menjaga Kesehatan Saat Pandemi
Vaksinasi mungkin satu dari sekian banyak cara agar terbebas dari gangguan kesehatan, berikut tips hidup sehat di rumah selama pandemi Covid-19.
0
Tips Agar Tetap Sehat Saat Berada di Pesawat
Cara menjaga agar tetap sehat saat berada di pesawat pada masa pandemi covid-19.