6 Tips Jitu Tetap Aktif dan Sehat Bagi Pekerja Shift Malam

Bekerja pada shift malam bisa memicu gangguan kesehatan. Namun, beberapa tips jitu ini bisa menjaga tubuh tetap aktif dan sehat.
Ilustrasi pekerja. (Foto: Pixabay)

Jakarta - Ada banyak pekerja profesional harus fleksibel dengan pengaturan waktu. Di era digital, tidak semua orang tidur di malam hari. Banyak juga yang bekerja pada jam ketika Anda terlelap. Sebagian besar perusahaan, karyawannya diatur dalam skema shift malam.

Bekerja sepanjang malam bukanlah pekerjaan mudah. Rutinitas tersebut bisa memicu gangguan kesehatan seperti diabetes, penyakit jantung, sulit tidur, stres, dan lain-lain. Menurut banyak ahli, karyawan yang bekerja pada shift malam lebih dari tiga hari rentan terkena diabetes tipe 2.

Kondisi kesehatan ini bisa cepat dipicu akibat gaya hidup yang tidak sehat. Seperti misalnya kerap mengonsumsi makanan cepat saji atau olahan, dan menjadikan kopi sebagai minuman penting (lebih dari sekedar air) saat bekerja pada shift malam.

Singkatnya, mereka yang bekerja pada shift malam menjalankan pola makan yang buruk ditambah waktu yang memengaruhi kesehatan. Nah, jika Anda kerja pada shift malam, beberapa tips jitu ini bisa dijalani agar tubuh tetap aktif dan sehat.

1. Batasi kafein

Untuk menghilangkan kondisi mata yang mulai lelah dan mengantuk pada jam-jam tertentu, minum kopi menjadi jawabannya. Namun disarankan, tidak minum kopi lebih dari secangkir atau satu mug.

Minum kopi lebih dari secangkir atau satu mug kopi saat bekerja pada shift malam dapat menyebabkan dehidrasi dan sulit tidur.

KopiIlustrasi kopi (Foto: Pexels) 

2. Minum air putih

Air putih meningkatkan sistem kekebalan dan juga membuat Anda terhidrasi. Bekerja pada waktu malam hingga pagi bisa mengurangi energi dan kadar air dalam tubuh. Jadi minumlah banyak air putih agar tetap terhidrasi dan melawan kelelahan.

Minum Air PutihMinum air putih. (Foto: pixabay) 

3. Hindari makanan berminyak

Makanan berminyak memperlambat pencernaan dan juga memicu cepat lelah. Apalagi makanan berminyak kaya kalori dan kolesterol yang tidak baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

Tak ingin berat badan terus naik dan berisiko menderita penyakit jantung? Jangan makan makanan berminyak, apalagi pada saat shift malam.

Ilustrasi GorenganIlustrasi gorengan. (Foto: mynameisridwan.wordpress.com) 

4. Bergerak

Tindakan ini efektif dilakukan agar mereka yang bekerja pada shift malam tetap sehat. Bergerak, jalan kecil ke ruangan teman, atau beristirahat sejenak bisa menenangkan mata dan pikiran. Hal ini juga bisa membantu Anda tetap terjaga tanpa masalah.

Ilustrasi KerjaIlustrasi berdiskusi dengan rekan kerja.  Ketika waktunya break, Anda dapat melamngkahkan kaki ke suatu ruangan sejenak untuk bergerak agar tetap sehat.

5. Tetap makan

Tips sehat terbaik untuk pekerja shift malam. Namun ingat, sering makan tapi asupan sehat. Makan dalam jumlah kecil dengan interval pendek. Anda bisa makan kacang seperti almond atau kacang pinus. Makanan super seperti bayam, beri, dan brokoli juga bisa menjadi alternatif asupan Anda.

Bila ingin porsi yang lebih besar, Anda dapat mengonsumsi sandwich sayur (tanpa keju) atau beragam buah segar.  Menu olahan dari dua sumber makanan alami itu juga banyak, jadi temukan camilan kesukaan Anda yang menyehatkan saat shift malam. 

Sianida Dalam Biji ApelApel bisa menjadi camilan sehat ketika sedang menjalankan shift malam. (Foto: Ist) 

6. Kontrol gula

Terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman mengandung gula dapat menyebabkan berat badan melonjak. Bertambahnya berat badan umum terjadi pada pekerja shift malam, terlebih bagi yang sering nyemil kue-kue manis.

Makanan manisIlustrasi makanan manis. mengandung banyak gula. (Foto: Pexels) 

Berita terkait
8 Cara Cepat Ubah Jenuh dan Bosan Kerja di Rumah
Siasati jenuh dan bosan saat muncul di tengah rutinitas WFH atau bekerja di rumah dengan 8 kegiatan ini.
Kerja di Rumah, Karyawan Gojek Optimis Corona Kandas
Gojek menerapkan kerja di rumah bagi karyawannya di tengah pandemi. Salah satu pegawai merasa optimis corona akan kandas dari Indonesia.
Ngirit saat Pandemi, 5 Cara Ini Bikin Rumah Sejuk Tanpa AC
Pandemi membuat individu memutar otak menekan pengeluaran bulanan. Misalnya tanpa AC tetapi rumah tetap sejuk, bagaimana caranya?