Tinjau Gudang Logistik, Mensos Pastikan Stok Makanan dan Peralatan

Kementerian Sosial RI menyiapkan gudang logistik dengan stok makanan dan peralatan untuk mengantisipasi kebencanaan.
Menteri Sosial Tri Rismaharini saat meninjau gudang logistik di Jalan Lintas Sumatera Kecamatan Inderalaya, Kab Ogan Ilir, Sumatera Selatan.(Foto:Tagar/Kemensos)

Jakarta – Kementerian Sosial RI menyiapkan gudang logistik dengan stok makanan dan peralatan untuk mengantisipasi kebencanaan. Hal ini, dilakukan Menteri Sosial Tri Rismaharini saat meninjau gudang logistik di Jalan Lintas Sumatera Kecamatan Inderalaya, Kab Ogan Ilir, Sumatera Selatan.

“Di gudang logistik perlu cara pengawetan sehingga saat terjadi bencana bantuan bisa cepat dikirim,” tutur Mensos Selasa, 11 Mei 2021.

Dalam kunjungan ke gudang logistik ini, Mensos didampingi Bupati Ogan Ilir, Kepala BPBD Provinsi Sumatera Selatan, Direktur PSKBA, SKM Bidang Media Dan Komunikasi Massa.

Tri RismahariniMenteri Sosial Tri Rismaharini saat meninjau gudang logistik di Jalan Lintas Sumatera Kecamatan Inderalaya, Kab Ogan Ilir, Sumatera Selatan.(Foto:Tagar/Kemensos)

Gudang logistik ini, juga terdapat di wilayah Barat, tepatnya di Kota Medan, Sumatera Utara, Kota Padang, Sumatera Barat, serta di Banda Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD). 

Gudang logistik tersebut, menampung peralatan kebencanaan, seperti perahu karet dan perlengkapan evakuasi yang biasa digunakan oleh Taruna Siaga Bencana (Tagana). Serta, menyimpang tenda darurat hasil rancangan Mensos dari bahan terpal PVC yang bisa menurunkan suhu udara panas dan didesain antiangin.

Di gudang logistik perlu cara pengawetan sehingga saat terjadi bencana bantuan bisa cepat dikirim.

“Sudah dicek model tenda darurat yang harus ada bolongan agar ada tiang penyangga, jadi jangan hanya lembaran terpal yang begitu saja,” ungkap Mensos.

Pengelolaan gudang logistik perlu ditata dengan baik termasuk ribuan bahan makanan disusun rapi dan siap disalurkan jika terjadi bencana dengan cepat. Dalam hal ini, Mensos menekankan pengeloaan gudang logistic agar terintegrasi secara digital yang bisa menampilkan data isi gudang dan tidak lagi dalam bentuk kertas.

Belajar dari bencana di wilayah timur Indonesia, pengiriman logistik dengan moda transportasi laut terkendala gelombang, jalur darat terkendala jalan yang rusak parah mengakibatkan pengiriman bagi para korban jadi terkendala dan tertahan.

Pada kesempatan itu, Mensos memberikan motivasi secara tertulis kepada Pelopor Perdamaian di Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial (PSKBS). Mengakhiri rangkaian kunjungan, Mensos menanam Pohon Jambu Madu yang berasal dari Kota Medan, Sumatera Utara. []

Berita terkait
Jelang Lebaran, Mensos Ingin Layanan di Balai Galih Pakuan Berjalan Baik
Menteri Sosial Tri Rismaharini, mengunjungi Unit Pelaksana Teknis Balai Rehabilitasi Sosial Korban Penyalahguna NAPZA Galih di Pakuan Bogor, Jabar.
Mensos Tri Rismaharini: Aplikasi e-Performance untuk Ukur Kinerja ASN
Menteri Sosial Tri Rismaharini meluncurkan aplikasi e-Performance untuk mengukur kinerja pegawai Kementerian Sosial. Reward dan punishment menanti.
Vaksinasi Disabilitas Mental, Kemensos Fasilitasi Antar Jemput
Kemensos memfasilitasi penjemputan Penyandang Disabilitas Mental Panti Sosial Bina Karya Harapan Jaya untuk vaksinasi Covid-19 di Istora Senayan.
0
China Tuduh Amerika Politisasi Asal Muasal Virus Corona
China mengecam langkah Amerika Serikat melacak asal muasal virus corona yang disebut China sebagai “mempolitisasi” pelacakan