TikTok Paling Banyak Diunduh Kendati Isu Pemblokiran

Platform video berdurasi pendek TikTok menjadi aplikasi kategori non-game paling banyak diunduh di seluruh dunia pada Juni 2020.
Aplikasi Tiktok di layar ponsel. (Foto: Antara/Shutterstock)

Jakarta - Platform video berdurasi pendek TikTok menjadi aplikasi kategori non-game paling banyak diunduh di seluruh dunia pada Juni 2020. 

Pada periode itu lebih dari 87 juta unduhan di tengah pemblokiran terhadap aplikasi asal China tersebut di India dan sorotan isu keamanan dan privasi data oleh sejumlah negara. 

Menurut laporan Sensor Tower, yang dikutip dari Antara, Senin, 13 Juli 2020, angka tersebut meningkat 52,7 persen dari Juni 2019. 

Negara-negara yang paling banyak memasang aplikasi selama periode ini adalah India sebesar 18,8 persen dari keseluruhan total, diikuti Amerika Serikat (AS) sebesar 8,7 persen. 

Pada akhir Juni 2020, India memblokir 59 aplikasi yang sebagian besar merupakan aplikasi seluler asal China, termasuk TikTok milik Bytedance, dalam langkah tegas memboikot China dari ruang online sejak sengketa perbatasan antara kedua negara awal Juni. 

Pada awal pekan ini, Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, mengatakan pemerintah Presiden Donald Trump sedang mempertimbangkan pelarangan TikTok, meskipun tidak sepenuhnya jelas bagaimana pelarangan semacam itu akan bekerja dalam praktiknya. 

Perusahaan perbankan asal AS, Wells Fargo telah memerintahkan karyawannya yang menginstal TikTok untuk menghapus aplikasi tersebut menyusul kekhawatiran soal keamanan data privasi. 

Pada Jumat (10/7/2020), Amazon mengatakan telah mengirim email salah kepada karyawan yang meminta mereka menghapus TikTok dari perangkat seluler dengan alamat email kantor. 

Amazon kemudian mengklarifikasi bahwa, "tidak ada perubahan pada kebijakan kami saat ini sehubungan dengan TikTok." 

Sementara itu, Zoom menjadi aplikasi non-gaming paling banyak diinstal kedua di dunia bulan lalu dengan hampir 71,2 juta unduhan, meningkat 34 kali dari Juni 2019. 

Negara-negara dengan jumlah unduhan Zoom terbesar adalah India sebesar 30, 8 persen, diikuti oleh AS sebesar 11,3 persen. Facebook, WhatsApp dan Instagram melengkapi lima aplikasi non-game paling banyak diunduh di seluruh dunia untuk bulan ini. 

Laporan riset Sensor Tower tersebut merupakan jumlah unduhan untuk aplikasi di App Store dan Play Store di seluruh dunia antara 1 Juni 2019 dan 30 Juni 2020. 

Aplikasi Apple dan aplikasi pra-instal Google dikecualikan. Perkiraan jumlah aplikasi di Android tidak termasuk toko pihak ketiga, dan mewakili total unduhan versi aplikasi, misalnya Facebook dan Facebook Lite.[]

Berita terkait
Hindari Blokir, TikTok Kerja Sama dengan Pemerintah
TikTok menanggapi pemblokiran terhadap layanannya di sejumlah negara. Pihak TikTok menyatakan akan bekerja sama dengan pemerintah setempat.
Amerika Serikat Mikir-mikir Blokir TikTok
Menlu AS Mike Pompeo masih mempertimbangkan untuk memblokir aplikasi media sosial buatan China, termasuk TikTok.
India Blokir WeChat dan TikTok
Pemerintah India memblokir sebanyak 59 aplikasi yang sebagian besar merupakan aplikasi seluler asal China, termasuk TikTok dan WeChat.
0
Ditemukan 215 Kerangka Anak-anak Penduduk Asli di Kanada
PM Kanada sebut penemuan lebih dari 200 kerangka anak-anak yang dikubur di bekas sekolah asrama penduduk asli bukan insiden terpisah