Tiga Cara Ampuh Hilangkan Kecanduan Belanja Online

Anda telah kecanduan belanja online. Apakah kebiasaan itu bisa dihilangkan? Tentu bisa.
Ilustrasi belanja online (Foto: Pexels)

Jakarta - Maraknya situs belanja online dengan ragam promo akhirnya menaklukkan Anda untuk rajin membeli barang. Secara tidak sadar, Anda telah kecanduan belanja online. Apakah kebiasaan itu bisa dihilangkan? Tentu bisa.

Kecanduan belanja online bisa berupa membeli barang yang tidak diperlukan. Dalam momen tertentu, Anda akan mendapati keadaan pemasukan tidak sebanding dengan pengeluaran. Kebiasaan ini otomatis membuat kondisi keuangan menjadi buruk.

Apakah Anda ingin selalu berada di situasi tersebut? Tentu tidak bukan. Ada cara ampuh supaya Anda tidak kecanduan belanja online lho. Simak berikut ini ya!

1. Uninstall aplikasi online shop

Pertama yang Anda lakukan adalah menghapus aplikasi online shop baik berupa e-commerce maupun marketplace. Karena adanya aplikasi tersebut membuat Anda ingin selalu membuka dan memiliki keinginan untuk belanja online.

Dengan menghapusnya, Anda jadi tidak selalu memeriksa dan melihat-lihat promo yang ditawarkan. Untuk membiasakan diri agar terlepas kecanduan berbelanja online memang awalnya sulit. Anda perlu perlahan-lahan melepas semua.

Belanja OnlineIlustrasi - e-commerce. (Foto: Antara/Shutterstock)

2. Unfollow akun online shop di media sosial

Online shop tidak hanya datang dari aplikasi e-commers saja melainkan dari akun-akun media sosial juga pasti ada. Terutama media sosial Instagram atau Facebook juga banyak akun-akun online shop.

Untuk itu, agar Anda tidak tergoda, unfollow akun online shop yang tidak begitu penting. Anda bisa menyortir mana yang perlu dan yang tidak.

IlustrasiIlustrasi belanja online ketika paket tiba di depan rumah. (Foto: datahand.com/USA Today)

3. Mengontrol diri dengan mengubah pola pikir

Setelah melakukan dua hal di atas, langkah selanjutnya Anda harus bisa mengontrol diri dengan mengubah pola pikir. Agar dua cara diatas berhasil, Anda harus memiliki prinsip yang tegas untuk tidak belanja online terus menerus.

Mulailah untuk mengontrol diri supaya tidak kecanduan. Jangan selalu memikirkan barang yang ingin Anda beli. Cobalah alihkan pikiran dengan hal yang lebih bermanfaat.

Nah, itu dia tiga cara untuk menghilangkan kecanduan belanja online. Akan tetapi ketiga cara ini tidak akan berhasil jika Anda tidak berpegang teguh pada prinsip lho. Jadi Anda harus memiliki keinginan untuk menghilangkan kebiasaan ini. Semoga berhasil!

Berita terkait
Dikeluarkan dari Grup WhatsApp, Ini 3 Poin Waktunya Introspeksi
Tiba-tiba Anda dikeluarkan dalam grup WhatsApp. Tanda tanya besar muncul di benak. Apakah waktunya untuk introspeksi diri?
Perut Six Pack Belum Tentu Sehat Jika Susah Tidur Malam
Perut six pack baik pada pria maupun wanita ternyata bukan jaminan bisa tidur cepat. Bisa jadi mengalami gangguan kesehatan.
5 Kegiatan Seru di Rumah saat Libur Panjang, Waktunya Me Time!
Bagi yang memilih di rumah, banyak lho kegiatan bisa dilakukan tanpa harus bepergian ke luar kota saat libur panjang akhir Oktober 2020.
0
Mengenal Efek Samping Kebanyakan Minuman Berenergi
Mengenal efek samping minuman berenergi yang di dalamnya terdapat kafein dan lebih banyak gula serta bahan lainnya jika dikonsumsi terlalu banyak.