Tesla Enggan Recall Mobil Listriknya di China, Ini Alasannya

Recall ini melibatkan mobil listrik Tesla Model S dan Model X dengan tahun rakitan 2013 sampai dengan 2017.
Tesla Model S. (Foto: Tagar/Tesla)

Jakarta - Belum lama ini Tesla menolak permintaan penarikan kembali (recall) terhadap mobil listrik garapannya yang diekspor ke China. Recall ini melibatkan mobil listrik Tesla Model S dan Model X dengan tahun rakitan 2013 sampai dengan 2017.

Menurut pernyataan dari State Administration for Market Regulation (SAMR) atau Badan Administrasi dan Regulasi Pasar China, kedua mobil listrik perlu dilakukan penarikan karena terdapat masalah pada suspensi bagian belakang.

Namun Tesla enggan menyetujui permintaan recall tersebut karena menurut pihak perusahaan, pada kedua model mobil listrik tersebut tidak ada cacat produksi. Penolakan ini dilayangkan pabrikan otomotif asal Amerika Serikat ini melalui surat kepada National Highway Traffic Safety Administration (NTHSA).

"Kami tidak menemukan adanya kecacatan pada suspensi depan maupun belakang di kedua model ini," kata Tesla dalam surat kepada NTHSA, sebagaimana dikutip Tagar dari Electrek.co., Rabu, 28 Oktober 2020.

Managing Counsel Regulatory Tesla, Elizabeth H. Mykytiuk, mengatakan bahwa permasalahan yang terjadi tersebut disebabkan oleh kesalahan pengendara. Menurutnya, malfungsi dari suspensi tersebut diakibatkan dari cara berkendara dan ekspektasi ketahanan kerusakan dari pengemudi.

"Jika pengemudi memberikan tekanan yang kemungkinan merusak seperti benturan di jalan hingga menghantam lubang jalan, maka suspensi kemungkinan akan rusak," kata Mykytiuk.

Mykytiuk juga menjelaskan bahwa jika memang ada kecacatan pada bagian suspensi, seharusnya tidak hanya produk tahun tersebut saja yang dilakukan penarikan. Pasalnya kedua model tersebut dibuat menggunakan komponen yang sama dengan tahun-tahun yang baru.[]

Berita terkait
Tesla Bakal Bangun Pabrik Baterai EV di Jawa Tengah
Pemerintah Indonesia telah memberikan dukungan kepada Tesla untuk mendirikan pabrik baterai mobil listrik di Tanah Air.
Tesla Bakal Produksi 500 Ribu Mobil Listrik di Tahun Ini
Untuk mencapai targetnya, Tesla harus mengirimkan sebanyak 182 ribu unit mobil baru pada kuartal keempat 2020.
Tesla Bakal Masuki Pasar India Mulai Tahun Depan
CEO Tesla Elon Musk memastikan bahwa Tesla bakal meluncur ke pasar mobil listrik India mulai tahun 2021.
0
Kemendag Minta Importir Sesuaikan Harga Kedelai
Kementerian Perdagangan meminta para importir untuk menyesuaikan harga kedelai impor agar harganya kembali stabil dan kembali di produksi.