UNTUK INDONESIA
Terserang Corona, Sekda DKI Saefullah Meninggal Dunia
Gubernur Anies Baswedan mengabarkan, Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Saefullah yang terkonfimasi positif terjangkit virus corona meninggal dunia.
Sekretaris Daerah DKI Saefullah di Balai Kota, Jakarta, Selasa, 11 Februari 2020. (Foto: Tagar/Edy)

Jakarta - Kabar duka datang dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Gubernur Anies Baswedan mengabarkan, Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Saefullah yang terkonfirmasi positif terjangkit virus corona atau Covid-19, meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Jakarta, Rabu siang, 16 September 2020.

"Innalillahi wa inna ilaihi roojiun. Saudara kita, sahabat baik kita, pribadi shaleh yang amat baik itu yang selama ini bekerja bersama kita telah dipanggil pulang ke rahmatullah. Bapak Saefullah wafat pukul 12.55 WIB di RSPAD-GS," kata Gubernur Anies dalam keterangan tertulis yang diterima Tagar di Jakarta, Rabu siang tadi.

Bagi semua, segerakan ambil air wudhu dan siang ini kita semua selenggarakan sholat ghaib untuk almarhum.

Anies meminta kepada semua pihak untuk bersuci, segera melaksanakan salat gaib, mendoakan almarhum Saefullah.

Baca juga: Gegara Anies, Sidang MK Dilakukan Virtual Saat PSBB

"Mohon doakan. Bagi semua, segerakan ambil air wudhu dan siang ini kita semua selenggarakan sholat ghaib untuk almarhum," ucapnya.

Secara terpisah, Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi juga mengonfirmasi kabar duka tersebut

"Iya tadi kasudin kesehatan saya (laporan), barusan kasudin kesehatan saya telepon, saya suruh anak buah cek ke RSPAD. Kasudin kesehatan saya tak mungkin bohong. Dia kan monitor juga, kan RSPAD di Jakarta Pusat," kata Irwandi.

Kabar meninggalnya Saefullah juga dibenarkan oleh Wakil Ketua DPRD DKI, M Taufik. 

"Ya betul," kata Taufik menjawab kabar meninggalnya Saefullah.

Baca juga: Langkah Airlangga Saat Anies Terapkan PSBB di DKI

Seperti diketahui, Sekda DKI Saefullah sempat dirawat akibat terserang virus Corona. Pada Selasa, 15 September 2020, Gubernur Anies mengajak seluruh jajarannya mendoakan kesembuhan Saefullah. Kemudian, dia juga mengajak untuk mendoakan seluruh warga DKI yang positif Covid-19 agar segera diberikan kesembuhan.

Sebelumnya, Gubernur Anies Baswedan sempat menunjuk Asisten Perekonomian dan Keuangan Daerah DKI Jakarta Sri Haryati sebagai Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, karena Saefullah dirawat intensif setelah positif terkonfirmasi Covid-19. Penunjukan Sri sebagai Plh Sekda DKI Jakarta diputuskan dalam Surat perintah tugas bernomor 340/-082.74. 

Selain Saifullah, ada tujuh pejabat DKI lainnya juga positif terinfeksi Covid-19, yakni Ketua TGUPP Amin Subekti, Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta Suzy Marsitawati, Kepala Biro Pendidikan Mental dan Spiritual Provinsi DKI Jakarta Hendra Hidayat, Asisten Pemerintah Setda Provinsi DKI Jakarta Reswan W. Soewaryo, Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi DKI Jakarta Premi Lasari, Direktur Utama PD Pasar Jaya Arief Nasruddin, dan Kepala Biro Penataan Kota dan Lingkungan Hidup Afan Adriansyah Idris. []

Berita terkait
Anies Umumkan PSSB di DKI, Memang Memengaruhi IHSG?
Peneliti Indef Bhima Yudhistira menanggapi pernyataan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto yang menyebut IHSG anjlok karena PSBB.
Epidemiolog: Langkah Anies Perketat PSBB Sudah Tepat
Epidemiolog Universitas Indonesia Pandu Riono menyatakan langkah yang diambil oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menerapkan PSBB tepat.
Anies Terapkan PSBB di DKI, Kemenhub Tak Ubah Aturan
Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati mengatakan pihaknya tak akan mengubah aturan meski DKI Jakarta terapkan PSBB total.
0
Jerman Larang Kedatangan Au Pair di Masa Pandemi
Keluarga muda di Jerman menghadapi masalah karena program au pair ditunda yang disebabkan oleh pandemi virus corona