UNTUK INDONESIA

Tersembunyi Selama 50 Tahun, Mobil Bugatti 57S Siap Dilelang

Produsen mobil Prancis, Bugatti, siap melelang salah satu mobil pra perang paling diminati di dunia, yakni mobil tipe 57S buatan tahun 1973.
Bugatti 57S 1973. (Foto: Carscoops)

Jakarta - Produsen mobil Prancis, Bugatti, siap melelang salah satu mobil pra perang paling diminati di dunia, yakni mobil tipe 57S buatan tahun 1973. Proses lelang dilakukan setelah produk langka itu bersembunyi lebih dari 50 tahun lamanya.

Mobil ini pertama kali keluar dari jalan raya pada 1969 dan menghabiskan waktunya di bengkel pemiliknya, Bill Turnbull. Sebelum akhirnya, dialihkan ke Turnbull, mobil ini telah dibeli oleh pendiri tim balap British Connaught Grand Prix Rodney Clark.

Pelelangan akan berlangsung di acara Bohnams Legends of the Road Sale. Menurut rumah lelang proses pemulihan pada mobil hampir selesai pada saat mesin roda empat ini terbengkalai pada 2020 lalu. Karena hal tersebut, mobil ini perlu beberapa perakitan ulang akhir.

Rumah lelang juga menyatakan bahwa Bugatti dengan nomor kerangka kendaraan 57503 ini dalam kondisi yang sangat orisinal dan begitu baik, tentu hal ini akan semakin diminati dan menarik para incaran kolektor kakap.

Bugatti 57S 1973Bugatti 57S 1973. (Foto: Carscoops)

Laman Carscoops melaporkan, mobil terlangka ini menampilkan tata letak empat tempat duduk yang didukung oleh mesin twin-cam 3,3 liter. Pertama kali diproduksi tipe 57S ini adalah yang tercepat dan paling eksklusif yang dijual pada masa itu.

Kerangka kendaraan ini salah satu versi ringan yang dibuat khusus untuk Bugatti 57G, pemenang Grand Prix Prancis pada 1936 dan memecahkan rekor kecepatan dunia yang hanya tiga diproduksi dan tersisa satu masih utuh.

Bukti menunjukkan bahwa salah satu kerangka kendaraan 57G yang hilang digunakan kembali untuk tipe ini. Cat hitam pada mobil masih terlihat sempurna, begitu pula bagian dalamnya dengan kulit krem dan kusut aslinya.

Tipe 57S 1973 ini dilelang untuk pertama kalinya, Sholto Gilbertson, Direktur Bonhams Motor Cars UK mengatakan tipe ini adalah salah satu contoh mobil paling berharga dan diminati sebelum perang.

Bugatti klasik memang selalu menarik bukan karena desain dan unitnya yang langka, tetapi juga harganya setinggi langit.

Mobil ini diperkirakan laku terjual seharga antara US$ 6,7 juta hingga US$9,4 juta, atau setara dengan sekitar Rp 94,8 miliar hingga Rp 133 miliar. []

(Christine Sheptiany)

Berita terkait
Pasokan Semikonduktor Langka, Produksi Nissan Note Dipangkas
Nissan melakukan pemangkasan produksi mobil Nissan Note milik mereka karena kelangkaan pasokan semikonduktor (bahan setengah penghantar listrik).
Tesla Luncurkan Mobil Listrik Murah Model Y, dengan Opsi 7 Seats
Tesla meluncurkan varian model Y dengan harga yang lebih murah dan menawarkan opsi tujuh penumpang alias 7 seats.
Mobil Hyundai Santa Fe 2021 Mengaspal dengan Empat Varian
Perusahaan otomotif Hyundai resmi meluncurkan facelift untuk SUV Santa Fe model tahun 2021 dengan empat varian.
0
Tersembunyi Selama 50 Tahun, Mobil Bugatti 57S Siap Dilelang
Produsen mobil Prancis, Bugatti, siap melelang salah satu mobil pra perang paling diminati di dunia, yakni mobil tipe 57S buatan tahun 1973.