UNTUK INDONESIA
Tersangka Narkotika, Kapolsek Sumut Terancam Pecat
Kapolsek di Sumut terlibat narkoba telah ditetapkan sebagai tersangka. Selain pidana, dia juga terancam dicopot dari anggota Polri.
Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Martuani Sormin. (Foto : Tagar/Reza Pahlevi)

Medan - Kapolsek Payung, Polres Tanah Karo, Sumatera Utara, Iptu SS, resmi ditahan dan ditetapkan sebagai tersangka karena terlibat jaringan peredaran narkoba jenis sabu-sabu.

Tidak ada toleransi, pidana dan pecat.

Polisi menyita barang bukti (BB) sabu dari tiga pengedar yang sudah ditangkap terlebih dahulu. Dari BB itu, sabu seberat 1 gram diketahui ternyata milik Iptu SS. Petugas juga mengamankan Rp 30 juta milik SS yang diduga hasil dari penjualan barang haram tersebut.

"Dia (Iptu SS) akan dipidana. Untuk narkotika kita tidak ada toleransi, pidana dan pecat," kata Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin, kepada Tagar di sela-sela rekonstruksi eksekusi pembunuhan Jamaluddin, Hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan, Kamis 16 Januari 2020.

Iptu SS diduga terlibat dalam penjualan sabu. Apalagi, BB yang disita dari tiga pengedar narkoba adalah miliknya.

"Iya, sejauh ini dia terbukti ikut sebagai jaringan peredaran narkoba. Kita tidak ada toleransi terhadap narkoba, siapa pun yang terlibat dengan narkoba, akan kita tindak tegas. Walaupun dia seorang perwira polisi," tuturnya.

Hingga kini, lanjut Jenderal bintang dua itu, pihaknya masih mengembangkan kasus yang menjerat Iptu SS. Termasuk mencari tau dari mana SS mendapatkan barang haram tersebut.

Sementara itu, Direktur Reserse Narkoba Polda Sumut, Kombes Pol Hendri Marpaung, juga membenarkan jika Iptu SS telah ditahan.

"Dia kita tetapkan sebagai tersangka karena memasok barang terhadap pengedar yang ditangkap sebelumnya," katanya.

Kasus yang menjerat perwira polisi ini masih terus dikembangkan. Saat ini masih membahas pidana umum, belum masuk ke Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Sumut.

"Kita tangani pidana umumnya, setelah proses selesai, baru kita limpahkan ke Propam untuk dilakukan tindakan tegas sesuai dengan sanksi berlaku," katanya. []

Berita terkait
Kapolsek di Sumut Dibekuk Terlibat Jaringan Narkoba
Seorang Kapolsek di Sumatera Utara, Iptu SS ditangkap karena diduga terlibat dengan peredaran gelap narkoba.
4 Pencuri Uang Pemprov Sumut Rp 1,6 M Segera Diadili
Pengadilan Negeri Medan segera menyidangkan kasus pencurian uang milik Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.
Polda Sumut Tetapkan 2 Tersangka Korupsi PBB Labusel
Polda Sumut menetapkan dua orang tersangka kasus dugaan korupsi DBH PBB di Pemkab Labuhanbatu Selatan (Labusel).
0
Pedagang Sayur di Banyuwangi Rekayasa Pembegalan
Polresta Banyuwangi menangkap seorang pedagang sayur keliling karena nekat melakukan rekayasa kasus pembegalan dan terancam 1 tahun penjara.