UNTUK INDONESIA
Terkait Bukti Hasil Swab, Tim Gugus NTT Berkelit
Tim Gugus Tugas Covid-19 Provinsi NTT enggan berkomentar terkait bukti hasil swab apakah bisa ditunjukan ke pasien C-19.
Ilustrasi Covid-19 NTT. (Foto: Facebook Gugus Tugas NTT)

Ruteng - Tim Gugus Tugas Covid-19 Provinsi NTT enggan berkomentar terkait bukti hasil swab apakah bisa ditunjukan kepada pasien Covid-19 atau tidak.

Polemik itu bermula ketika beberapa keluarga dan pasien positif Covid-19 di Kabupaten Manggarai meminta dan mendesak agar segera menunjukan bukti hasil swab dari Laboratorium Biologi Molekuler RSUD W.Z. Yohanes Kupang.

Aduhh bukan begitu jawabannya. Dia harus jelaskan sebagai kadis.

Hal itu karena mereka masih belum percaya saat ditetapkan sebagai orang yang terkonfirmasi Covid-19 berdasarkan informasi Tim Gugus, apalagi mereka tidak memiliki gejala atau tanda-tanda Covid-19.

Bahkan mereka sempat menolak saat diminta untuk menjalankan proses karantina di Wisma Atlet Stadion Golodukal Manggarai. Namun setelah proses negosiasi yang cukup lama akhirnya mereka bersedia untuk dikarantina kendati dalam keadaan terpaksa.

Juru bicara Tim Gugus Provinsi NTT, Marius Ardu Jelamu saat dikonfirmasi Tagar untuk meminta kejelasan terkait alasan hasil swab tidak ditunjukan kepada pasien, ia enggan berkomentar.

Ia mengarahkan untuk menanyakan hal tersebut kepada Kepala Dinas Provinsi NTT dr Meserasi Ataupah, sebab menurut Marius, Kadis Kesehatan yang bisa menjelaskan hal tersebut karena berkaitan dengan aturan dunia kesehatan.

"Coba hubungi Kadis Kesehatan provinsi adik, karena dia yang paham tentang itu. Nanti saya kirimkan kontaknya," ungkapnya kepada Tagar via gawainya, Selasa 22 September 2020.

Sesaat kemudian, Tagar langsung menghubungi Kepala Dinas kesehatan Provinsi NTT, namun karena alasan sedang rapat ia menolak untuk diwawancarai.

Pada Rabu 23 September 2020, Tagar kembali menghubunginya. Namun ia tidak menjelaskan alasan hasil swab tidak ditunjukan kepada pasien Covid-19. Ia justru menyuruh Tagar untuk menanyakan kepada orang yang memeriksa swab.

"Coba tanya yang tidak mau. katanya hasil swab tidak boleh ditunjukan kepada pasien, kami tidak periksa jadi, bapak ke yang periksa saja untuk minta penjelasan," katanya kepada Tagar melalui pesan WhatsApp, Rabu 23 September 2020.

Menanggapi jawaban tersebut, Juru bicara Tim Gugus Provinsi NTT mengaku kesal dengan jawaban kadis kesehatan provinsi NTT.

"Aduhh bukan begitu jawabannya. Dia harus jelaskan sebagai kadis," katanya melalui pesan gawainya, Rabu 23 September 2020. []

Berita terkait
Tim Gugus Manggarai: Bukti Hasil Swab Rahasia Kedokteran
Tim Gugus Tugas Covid-19 kabupaten Manggarai menyebut bukti hasil tes swab sebagai rahasia kedokteran
Warga Manggarai Timur Tewas Usai Terjatuh dari Atap Rumah
Seorang pria di Manggarai Timur NTT tewas usai terjatuh dari atap rumah saat sedang memperbaiki seng.
Ini Hasil Penetapan Calon Kepala Daerah Manggarai NTT
KPU Manggarai NTT umumkan hasil penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Manggarai periode 2020-2025.
0
Kementan Dorong Pemulihan Pangan di Asean dan Global
Kementan berperan aktif dalam pencapaian ketahanan pangan regional dan global untuk mendorong sektor pertanian menciptakan lapangan pekerjaan.