Waskita Karya

Terawan: Vaksin Nusantara Kalahkan Covid-19 Varian Delta

Eks Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Terawan Agus Putranto mengatakan tak perlu vaksin nusantara atasi Covid-10 varian delta India.
Mantan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto. (Foto: Tagar/ Gugus tugas Covid-19)

Jakarta - Eks Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Terawan Agus Putranto, mengatakan vaksin nusantara yang ia kembangkan mampu mengalahkan virus Covid-19 varian delta dari India.

Menurut dia, tak perlu waktu lama agar vaksin nusantara yang sedang duji untuk bisa mengatasi varian delta Covid-19.

Dalam penjelasannya di Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi VII DPR RI pada Rabu, 16 Jui 2021, Terawan menyebutkan timnya sedang meracik vaksin sel berbasis dendritik untuk mengalahkan varian delta covid-19.


Sekarang saya sedang pesan antigennya untuk uji klinis III.



"Mengenai bagaimana vaksin nusantara ini menghadapi virus. itu gampang sekali, hanya butuh 8 hari. Antigennya saya ganti, karena antigen itu rekombinan jadi spike S. Kita tinggal lihat dia mutasi dari mana" kata Terawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu, 16 Juni 2021.

Terawan menuturkan, vaksin nusantara yang sudah ada saat ini tinggal di gabung-gabung saja sesuai kebutuhan yang diperlukan. "Kita tambahi mutasi Inggris, India, ataupun Afrika Selatan," ujarnya menambahkan.

Menurut Terawan timnya sudah memesan antigen untuk tiga varian baru Covid-19 yang masuk ke Indonesia pada Juni 2021 tersebut.

"Sekarang saya sedang pesan antigennya untuk uji klinis III, itu termasuk 3 varian itu. Mudah-mudahan nanti diizinkan masuk uji klinis III," ujarnya. []

Berita terkait
Ada 145 Corona Varian Baru, 47 dari Luar Negeri
Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi, mengatakan di Inggris sudah ada 42.323 kasus varian Delta. Naik 70 persen.
Varian Delta Menyebar Cepat Inggris Tunda Cabut Restriksi
Inggris telah menunda rencana untuk mencabut restriksi terkait Covid-19 yang tersisa di negara itu karena varian Delta menyebar dengan cepat
Varian Delta Bukan Faktor Tunggal Lonjakan Kasus Covid-19
Beberapa hari terakhir di sejumlah daerah di Indonesia terjadi lonjakan kasus positif Covid-19 varian Delta, tapi ini bukan faktor tunggal
0
Terawan: Vaksin Nusantara Kalahkan Covid-19 Varian Delta
Eks Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Terawan Agus Putranto mengatakan tak perlu vaksin nusantara atasi Covid-10 varian delta India.