UNTUK INDONESIA
Tentara Turun Tangan Tangkal Kebakaran Hutan Amazon
Presiden Brazil Jair Bolsonaro mengatakan tentara akan dikerahkan untuk memadamkan kebakaran hutan Amazon.
Asap kebakaran hutan Amzon di dekat Humaita, Brazil. (Foto: Antara/REUTERS/Ueslei Marcelino)

Brasilia - Presiden Brazil Jair Bolsonaro mengatakan tentara akan dikerahkan untuk memadamkan kebakaran hebat yang melanda hutan hujan tropis Amazon.

Dilansir dari Reuters lewat Antara, tindakan Bolsonaro dilakukan setelah masyarakat Internasional mengeluarkan kecaman dan seruan agar tindakan segera diambil untuk mengatasi krisis tersebut.

Dalam waktu dekat akan menyerukan fokus baru mengenai perlindungan alam saat Konferensi Tingkat Tinggi pemimpin G7 mendatang.

Bolsonaro menuturkan langkah-langkah untuk mengatasi kebakaran dan pengerahan tentara sudah dibahas dalam pertemuannya dengan para menteri.

Kebakaran hebat di Hutan Amazon ini juga mendapat sorotan pemimpin Inggris dan Prancis. Seorang wanita juru bicara Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengungkapkan pihaknya sangat prihatin atas kebakaran tersebut dan dampak yang ditimbulkan.

Johnson menyebutkan dalam waktu dekat akan menyerukan fokus baru mengenai perlindungan alam saat Konferensi Tingkat Tinggi pemimpin G7 mendatang. 

Sejak 2019, kebakaran di Amazon meningkat menjadi 83 persen dibandingkan dengan tahun lalu. Menurut data pemerintah. Kebakaran tersebut menghancurkan wilayah luas hutan, yang vital untuk melawan perubahan iklim global. []

Berita terkait
Selain Amazon, Ini 4 Kebakaran Hutan Terbesar di Dunia
Api menjilat hutan Amazon dari 7 hari terakhir. Selain hutan hujan terbesar itu, 4 kebakaran hutan terbesar sepanjang sejarah juga pernah terjadi.
Wiranto: Harus Serius Tangani Kebakaran Hutan dan Lahan
Menko Polhukam Wiranto mengungkapkan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Indonesia 99 persen akibat ulah manusia.
Kebakaran Hutan Gunung Merapi Belum Padam
Kobaran api tidak bisa dikendalikan dalam waktu singkat karena terkendala medan yang sulit dijangkau dan keterbatasan sinyal komunikasi.
0
Viral, Puisi Terakhir Mahasiswi UIN Makassar Sebelum Dibunuh Pacar
Asmaul Husna, 24 tahun, mahasiswi UIN Alauddin Makassar tewas dibunuh kekasihnya. Sebelum dibunuh, ia menulis puisi kepada ibunya.