UNTUK INDONESIA
Telan Kelereng, Bocah di Gowa Dilarikan ke RS
Seorang bocah berusia 6 tahun di Kabupaten Gowa dilarikan ke rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo Makassar karena menelan sebiji kelereng.
Hasil Rontgen HM 6 tahun yang menelan kelereng. (Foto: Tagar/Dok. RS)

Gowa - Warga Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, HM 6 tahun dilarikan ke Rumah Sakit Umum (RSU) Dr. Wahidin Sudirohusodo di kota Makassar, lantaran menelan satu biji kelereng.

Berawal pada tanggal 27 Februari 2020, sekitar pukul 18.30 Wita, HM menelan sebiji kelereng. Di hari yang sama sekitar pukul 21.50, HM masuk ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUP Wahidin Sudirohusodo.

Anaknya mengatakan, dia masukkan kelereng di mulutnya.

Kepala Sub Bagian Humas dan Pemasaran RSUP Wahidin Sudirohusodo, Dwi Resky Nirmala mengatakan, orang tua HM tidak tahu menahu proses anaknya menelan kelereng.

"Anaknya mengatakan, dia masukkan kelereng di mulutnya. Orang tuanya tau setelah anaknya keluar dari kamar dan memegang lehernya," kata Dwi Resky, Minggu, 1 Maret 2020.

Sebelumnya HM dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Syekh Yusuf Kabupaten Gowa. HM langsung dirontgen, setelah dinyatakan positif menelan kelereng, HM langsung dirujuk ke RSUP Wahidin Sudirohusodo.

Lebih jauh, Dwi Resky mengatakan saat ini kondisi pasien HM sudah dalam keadaan umum baik. Meski begitu, kelereng yang ditelan sudah berada di usus.

Olehnya pihak dokter dan perawat yang menangani HM melakukan observasi buang air besar.

"Hasil foto kontrol posisi kelereng di usus, jadi sekarang sementara observasi buang air besarnya," tandas Dwi Resky. []

Berita terkait
Travel Umrah Gowa, Tunda Berangkatkan Jemaah
Larangan pemerintah Arab antisipasi virus corona, travel umrah di Gowa tunda pemberangkatan jemaah
Polres Gowa Bebaskan Pelaku Pengeroyokan Siswa SMK
Polres Gowa membebaskan dua orang pelaku pengeroyokan siswa SMK, alasannya karena pelaku masih dibawah umur.
PKB Usung Keluarga Yasin Limpo di Pilkada Gowa
Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) resmi menerbitkan rekomendasi petahana Adnan Purichta Ichsan - Abdul Rauf Mallaganni jilid II, di Pilkada Gowa 2020
0
Covid-19 di 17 Negara Eropa Antara 11.000 - 200.000
Penyebaran virus corona baru (Covid-19) di Eropa melanda semua negara bahkan di beberapa negara kasusnya jauh di atas jumlah kasus di China