Tekan Kekuatan, UOB Group Akuisisi Bisnis Consumer Citigroup

UOB telah membuat kesepakatan dalam mengakuisisi bisnis consumer dari Citigroup di Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam.
Ilustrasi - Kesepakatan. (Foto: Tagar/Unsplash/Sebastian Herrmann)

Jakarta – United Overseas Bank (UOB) telah membuat kesepakatan dalam mengakuisisi bisnis consumer dari Citigroup di Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam. Bisnis ini diketahui mencakup bisnis retail deposit, pinjaman tanpa anggunan, pinjaman beranggunan, dan wealth management.

Dengan adanya kesepakatan ini, 5.000 karyawan Citigroup diketahui akan dipindahkan ke UOB setelah penutupan transaksi dilakukan. UOB juga akan melakukan pembayaran kepada Citigroup untuk aset bersih dari akuisisinya dengan total 690 juta US dollar atau setara dengan Rp 9,87 triliun.

Akuisisi ini sendiri diharapkan mampu meningkatkan laba per saham UOB (EPS) dan rasio pengembalian ekuitas (ROE). Penyelesaikan akuisisi di masing-masing negara diperkirakan akan berlangsung antara pertengahan 2022 dan awal 2024, menunggu persetujuan dari regulator di beberapa negara terkait.

Dengan adanya akuisisi ini diharapkan dapat memperluas ekosistem kemitraan UOB dan dapat menumbuhkan basis nasabah ritel UOB yang mampu mempercepat pertumbuhan target basis nasabah lima tahun lebih cepat.

Citigroup sendiri akan membantu UOB Group dalam migrasi nasabah dan karyawan dari bisnis consumer seraya memastikan kelancaran dalam transisinya.

Dengan terjadinya kesepakatan bisnis antara kedua belah pihak, sinergi yang kuat dianggap akan terbentuk hingga meningkatkan skala bisnis UOB Group dan memperkuat posisi perseroan sebagai bank regional terkemuka.

Sementara itu, CEO Citi Asia Pasifik Peter Babej memberikan tanggapan yang baik dengan adanya kesepakatan antara beberapa pihak ini. Pihaknya sendiri cukup antusias karena yakin UOB dapat memberikan peluang yang sangat baik seiring dengan upaya menyediakan rumah jangka panjang bagi para rekan bisnis.

"Memfokuskan bisnis kami melalui tindakan ini akan memfasilitasi investasi tambahan pada area fokus strategi kami, termasuk dalam mengembangkan jaringan institutional kami di seluruh Asia Pasifik, dan untuk mendorong tercapainya imbal hasil yang optimal bagi Citi," ucap Peter, Jumat, 14 Januari 2022.

Peter juga meyakini bahwa strategi bisnis consumer UOB termasuk memanfaatkan segmen affluent yang kini terus meningkat di kawasan Asia Tenggara, mengakuisisi dan melayani nasabah melalui platform perbankan digital, UOB TMRW, dan memenuhi kebutuhan keuangan nasabah melalui pendekatan omni-channel.

(Rana Maheswari Ummairah)

Berita terkait
Bisnis NFT Jadi Sorotan, Ini Cara Jualnya!
NFT sendiri merupakan aset digital dan bukti kepemilikan barang yang dapat dibeli dengan mata uang kripto. Ini cara jualnya.
Mau Dapatkan Logo Halal MUI di Bisnis Kamu? Begini Caranya
Oleh karena itu, hal ini membuat sertifikasi halal menjadi instrumen penting dalam suksesnya industri global, khususnya dunia halal.
Keuntungan Berlimpah! 4 Cara Sukses Membangun Bisnis Skincare
Penting untuk merencanakan bisnis skincare yang baik sejak awal, mengingat ada banyak produk yang perlu disediakan di pasar. Simak cara berikut.
0
Tekan Kekuatan, UOB Group Akuisisi Bisnis Consumer Citigroup
UOB telah membuat kesepakatan dalam mengakuisisi bisnis consumer dari Citigroup di Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam.